Wibianto, Dinan Ariansyah (2024) Efektivitas Penerapan Aplikasi Mobile Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (821kB) |
|
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL DINAN ARIANSYAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan aplikasi M-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang. Aplikasi M-Paspor ialah program yang diciptakan oleh Ditjen Imigrasi untuk meningkatkan kualitas layanan keimigrasian khususnya layanan penerbitan paspor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman masyarakat dalam menggunakan aplikasi M-Paspor sehingga terjadi kesalahan input data diri ke dalam sistem M-Paspor, serta aplikasi M-Paspor yang masih belum diterapkan secara optimal karena adanya gangguan kesisteman seperi error dan permasalahan lainnya yang menjadi kendala pemohon dalam menggunakan M-Paspor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif model deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan untuk menguji keabsahan data peneliti melalui triangulasi sumber. Adapun teori yang digunakan adalah teori pengukuran efektivitas menurut Edy Sutrisno yang memiliki lima variabel yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan aplikasi M-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang secara umum telah terlaksana dengan baik dan bisa dikatakan cukup efektif. Hal ini dibuktikan dengan telah tercapainya tujuan dan sasaran aplikasi M-Paspor yang bisa memudahkan masyarakat dalam hal mengajukan permohonan paspor secara online, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan penerbitan paspor yang mudah, praktis dan cepat. Hal ini juga didukung oleh tim implementasi pelayanan paspor berbasis aplikasi M-Paspor yang telah memahami program dan tupoksinya dengan baik. Selain itu, pelaksanaan layanan penerbitan paspor melalui M-Paspor sudah tepat waktu sesuai dengan SOPAP yang berlaku. Sehingga berdampak pada meringankan pekerjaan petugas dalam pelayanan, antrian pemohon yang lebih tertata dan teratur, waktu tunggu pemohon yang lebih singkat dan adanya jaminan kepastian layanan. Namun perlunya dilakukan penambahan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat guna meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menggunakan M-Paspor, serta masih ada gangguan kesisteman M-Paspor yang dapat menghambat pelayanan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Ichsan Kabullah, S.IP, M.PA Nila Wahyuni, S.AP, M.AP |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas; Aplikasi M-Paspor; Pelayanan Paspor; Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | S1 Administrasi Public |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 09:27 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:41 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478155 |
Actions (login required)
View Item |