DUKUNGAN LAKI-LAKI TERHADAP KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ORGANISASI MAHASISWA (STUDI PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS ANDALAS)

Andru, Zulya Saputra (2019) DUKUNGAN LAKI-LAKI TERHADAP KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM ORGANISASI MAHASISWA (STUDI PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS ANDALAS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
2. Bab I.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV (Penutup))
3. Bab Akhir - Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK ANDRU ZULYA SAPUTRA, BP 1210811006. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Dukungan Laki-Laki Terhadap Kepemimpinan Perempuan Dalam Organisasi Mahasiswa (Studi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Andalas). Pembimbing I dr. Jendrius, Pembimbing II Dr. Indraddin. Gender mengidentifikasi hubungan sosial antara perempuan dan laki-laki, yang tidak ditetapkan oleh perbedaan biologis, tetapi lebih dipertajam oleh pembedaan pembelajaran dan nilai-nilai budaya. Pembedaan biologis menetapkan apa yang dapat dan apa yang tidak dapat dilakukan oleh perempuan menurut kesepakatan masyarakat. Gender yang didasarkan pada pembedaan nilai-nilai menentukan peran perempuan dalam semua aspek kehidupan dan kesetaraan perempuan. Dalam penelitian ini digunakan teori strukturasi yang dikemukakan oleh Anthony Giddens. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe penelitiannya deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Pemilihan informan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan accidental sampling dengan mengambil perwakilan dari tiap organisasi mahasiswa yang merupakan objek penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dukungan laki-laki terhadap kepemimpinan perempuan dalam organisasi mahasiswa, menjelaskan bentuk dan alasan dukungan laki-laki terhadap kepemimpinan perempuan dan menjelaskan perbedaan alasan laki-laki mendukung atau tidak mendukung kepemimpinan perempuan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat kepercayaan terhadap pemimpin perempuan masih kecil, meskipun dukungan tetap diberikan kepada pemimpin perempuan terpilih dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin, ketua umum terpilih (perempuan) tidak selalu mendapatkan dukungan penuh dari anggota laki-lakinya. Bentuk dukungan laki-laki terhadap kepemimpinan perempuan adalah dengan bersikap professional, memberikan masukkan langsung dan membantu kegiatan di luar kampus atau kegiatan yang berat. Laki-laki yang tidak mendukung pemimpin perempuan disebabkan karena masih adanya anggapan perempuan tidak bisa memimpin dengan baik. Perempuan dianggap tidak memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, tidak mampu mengatasi masalah-masalah berat, lebih emosional dan bersifat feminim. Laki-laki yang mendukung kepemimpinan perempuan cenderung hanya memberikan dukungan sebagai bentuk profesionalitas. Mayoritas anggota mengutamakan laki-laki untuk menjadi pemimpin. Namun, ketika pemimpin perempuan yang menjadi pilihan terdepan atau hendak disahkan, ada pengaruh yang sangat besar dari anggota laki-laki. Kata kunci: Dukungan, Jender, Organisasi Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Jendrius, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 25 Jul 2019 11:34
Last Modified: 25 Jul 2019 11:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47801

Actions (login required)

View Item View Item