Afrianda, Isra (2024) Studi Numerik Balok Kastela Struktur Kantilever dengan Variasi Panjang Bentang dan Tinggi Penampang. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (283kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (167kB) |
|
Text (BAB 5 (Bab Akhir))
BAB akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version Download (57kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (Tugas Akhir full text)
TA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya infrastruktur dalam keberlangsungan hidup manusia, menuntut teknologi untuk terus melakukan perkembangan guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Oleh karena itu, diperlukan suatu konstruksi yang kuat dan efisien dari segi waktu, pelaksanaan, dan biaya. Salah satu konstruksi yang dapat memenuhi kriteria tersebut ialah konstruksi baja. Untuk meminimalisasi penggunaan baja agar jauh lebih ekonomis perlu adanya suatu rekayasa kontruksi, salah satunya yaitu balok baja kastela. Balok baja kastela memodifikasi ukuran profil menjadi lebih tinggi sehingga momen inersia dan modulus penampang balok menjadi lebih besar. Hal ini akan meningkatkan kekakuan maupun kapasitas lenturnya. Pada penelitian ini, dilakukan studi numerik balok kastela struktur kantilever dengan variasi panjang bentang dan tinggi penampang yang dibuat pada profil baja tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja balok kastela, yaitu kepasitas ultimate, kekakuan elastis, dan daktilitas struktur yang dibebani beban terpusat di ujung bebas secara monotonic sampai kondisi ultimate tercapai. Profil baja acuan yang digunakan adalah profil HWF 250.250.9.14. Properties material yang digunakan yaitu modulus elastisitas (E) 200.000 MPa ; poisson ratio (v) 0,3 dan tegangan leleh (fy) 250 MPa. Balok baja kastela dimodelkan sebagai struktur kantilever dengan beban yang diberikan berupa kontrol perpindahan (displacement control). Permodelan struktur serta output yang dihasilkan didapat melalui software MSC Patran, sedangkan analisis structural dilakukan dengan menggunakan software MSC Nastran. Dari hasil analisa penelitian yang dilakukan, penampang dengan beban ultimate dan kekakuan terbesar dimiliki oleh penampang IWF 400.250.9.14 dengan variasi panjang bentang 2,5 m. Sedangkan penampang dengan daktilitas terbesaar dimiliki oleh penampang IWF 300.250.9.14 dengan variasi panjang bentang 2,5 m.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Sabril Haris, M.T., Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Balok baja kastela (castellated beams); Struktur Kantilever; Kontrol Perpindahan (Displacement Control); MSC Patran Nastran; Kekakuan; Daktilitas. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 07:05 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477787 |
Actions (login required)
View Item |