Inventarisasi dan Tingkat Serangan Serangga Hama Pada Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) di Kabupaten Padang Pariaman

Ahfaruma, Nikmah (2019) Inventarisasi dan Tingkat Serangan Serangga Hama Pada Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) di Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INVENTARISASI DAN TINGKAT SERANGAN SERANGGA HAMA PADA TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN ABSTRAK Salah satu kendala utama budidaya mentimun adalah serangan serangga hama yang dapat menurunkan produktivitas. Penelitian telah dilaksanakan di pertanaman mentimun Kabupaten Padang Pariaman dan di laboratorium dengan tujuan mendapatkan data jenis-jenis serangga hama pada pertanaman mentimun di Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian dilakukan dengan metode pengambilan sampel secara acak terpilih. Sampel yang diambil terletak pada hamparan ±100 m pertanaman mentimun yang berumur ±30 hari. Ditemukan 5 jenis serangga hama yaitu Aulacophora similis, Bemisia tabaci, Diaphania indica, Bactrocera cucurbitae, dan Bactrocera carambole. Total kelimpahan individu serangga hama tertinggi ditemukan pada ketinggian 150 m dpl sebanyak 63 ekor. Sementara itu, jenis serangga hama yang dominan adalah dari jenis B. tabaci sebanyak 46 ekor. Persentase tanaman terserang tertinggi terjadi pada ketinggian 300 m dpl oleh serangga hama A. similis. Sedangkan persentase buah terserang tertinggi pada ketinggian 300 m dpl oleh serangga hama Bactrocera spp. Kata kunci :Mentimun, serangga hama, persentase tanaman dan buah terserang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ujang Khairul, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 24 Jul 2019 14:37
Last Modified: 24 Jul 2019 14:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47767

Actions (login required)

View Item View Item