Jargon Pemain Gim Mobile Legends: Tinjauan Sosiolinguistik

Arief, Muhammad Giffari (2024) Jargon Pemain Gim Mobile Legends: Tinjauan Sosiolinguistik. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Penutup)
BAB IV .pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Skripsi Utuh)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apa saja jargon yang digunakan oleh pemain dalam gim Mobile Legends? (2) Apa saja makna yang terkandung dalam jargon yang digunakan oleh pemain gim Mobile Legends? (3) Apa saja faktor situasional yang melandasi penggunaan jargon dalam gim Mobile Legends? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja jargon yang digunakan oleh pemain gim Mobile Legends, menjelaskan makna yang terkandung dalam jargon pemain gim Mobile Legends, dan memaparkan faktor situasional yang mempengaruhi penggunaan jargon tersebut. Metode dan teknik peneitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dan teknik yang dikemukakan oleh Sudaryanto. Penelitian ini terbagi atas tiga tahap, yaitu: (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyediaan hasil data. Pada tahap penyediaan data, digunakan metode simak yang terdiri dari teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik sadap, teknik lanjutan yang digunakan, yaitu teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) terdiri dari rekam, catat, dan wawancara. Pada tahap analisis data, metode yang digunakan adalah metode padan translasional, metode padan refensial, dan metode padan pragmatis yang terdiri dari teknik dasar dan teknik lanjutan yaitu Pilah Unsur Penentu (PUP), dan Hubung Bandin Perbedaan (HBB). Selanjutnya, pada tahap penyajian hasil analisis data, dugunakan metode penyajian informal. Berdasarkan analisis data, ditemukan jargon-jargon yang ditemukan oleh pemain gim Mobile Legends. Jargon yang digunakan adalah: Gank; Mid; Bot; Cd; Imo; Regen; Retri Indomaret; Ayam; Nr; Nf; Suren; By1; Ez; Adu Mekanik; Cc; Feeder; Lord; Push & Split Push; Solo; Gg; Stun; Recall; Meta; All-In; Mana; Flicker; Purify; Execute; Inspire; Sprint; Fanny Darat; Afk; Adu Mekanik; Poke; Troll; Buta Map; Op. Faktor situasional yang mempengaruhi penggunaan jargon oleh pemain gim Mobile Legends yaitu: (1) siapa yang berbicara, (2) kepada siapa berbicara, (3) kapan, (4) di mana, dan (5) mengenai masalah apa.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Aslinda. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: jargon; sosiolinguistik; Mobile Legends.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:04
Last Modified: 22 Oct 2024 03:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477344

Actions (login required)

View Item View Item