Jaka, Alam Artian (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KUKI PADANG MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif pada Akun Instagram @kuki.pdg). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (295kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (217kB) |
|
Text (FULL)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media komunikasi telah menjadi sarana penting untuk berkomunikasi di era modern saat ini dengan menggunakan perangkat seperti ponsel untuk berkomunikasi yang dapat membantu perkembangan pemasaran suatu produk. Seiring perkembangannya, pemasaran melalui internet terutama melalui media sosial seperti Instagram yang dominan sebagai platform pemasaran oleh pelaku bisnis dalam berbisnis. Kuki Padang adalah rumah kreatif yang mengkhususkan diri dalam penjualan berbagai produk kue dan kudapan yang kontemporer, termasuk pastries, brownies, serta beragam varian Penggunaan media komunikasi Instagram memberikan Kuki Padang peluang untuk memperluas jangkauan pasar, menarik perhatian pelanggan potensial, dan memperkuat brand awareness.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media komunikasi pemasaran Kuki di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu The Circular Model of Some oleh Regina Luttrell. Hasil yang ditemukan menjelaskan proses berbagi di Instagram dilatarbelakangi oleh berkembangnya alat pemasaran seperti media sosial Instagram dengan penggunaan media sosial terbanyak dan target sasaran Kuki Padang mayoritas kalangan anak muda yang selalu mencari informasi di media sosial. Dari proses berbagi ini, Kuki Padang berhasil mengajak followers/calon pelanggan untuk membeli kuki padang dengan memposting foto dan video, serta merepost foto pelanggan. Pada proses optimasi dilakukan dengan memberikan informasi pada fitur bio akun Instagramnya dan perencanaan untuk membagikan konten oleh divisi pemasaran dengan timeline seperti event dan promo. Proses pengelolaan memiliki admin media sosial sendiri sehingga dapat memantau secara manual dengan menerapkan pada jam 12 siang, jam 3 sore, dan jam 7 malam. Serta proses melibatkan pelanggan pada akun media sosial Instagram yaitu menyelenggarakan event seperti brand sekaligus memberikan diskon, melakukan event kepada pelanggan yang datang dan memberikan hadiah kepada pengikutnya di Instagram melalui lomba story yang dibuat oleh pihak Kuki Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yayuk Lestari, M.A Novi Elian, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Media Sosial Instagram, Teori The Circular Model of Some |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 08:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 08:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477290 |
Actions (login required)
View Item |