Kesukaan Habitat dan Tingkah Laku Makan Ikan Karang Famili Chaetodontidae di Ekosistem Terumbu Karang Pulau Pasumpahan, Kota Padang

Hidayatul, Annisa (2019) Kesukaan Habitat dan Tingkah Laku Makan Ikan Karang Famili Chaetodontidae di Ekosistem Terumbu Karang Pulau Pasumpahan, Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutupan dan Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup dan kesimpulan).pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustakaa.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas akhir ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai kesukaan habitat dan tingkah laku makan Chaetodontidae telah dilaksanakan pada September hingga Oktober 2018 di Pulau Pasumpahan, Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi benthic life form dan kelimpahan ikan Chaetodontidae serta untuk menganalisis kesukaan habitat dan tingkah laku makan Chaetodontidae di ekosistem terumbu karang Pulau Pasumpahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah underwater fish visual census untuk mengambil data ikan yaitu jenis dan kelimpahan ikan serta jumlah gigitan ikan pada karang selama 5 menit yang diulang sebanyak 6 kali serta dicatat karakteristik habitat tempat ikan ditemukan dan metode LIT (line intercept transect) untuk pengambilan data karang dan benthic life form pada transek sepanjang 20 m. Pengamatan dilakukan pada sembilan stasiun di Pulau Pasumpahan. Hasil penelitian menunjukkan kondisi terumbu karang di Pulau Pasumpahan berada pada kondisi rusak sedang (47,19%). Terdapat 5 spesies Chaetodontidae yang ditemukan yaitu Chaetodon trifasciatus, C. triangulum, C. vagabundus, Heniochus singularis dan H. pleurotaenia dengan total kelimpahan 36 individu dalam 900 m2 dan kelompok ikan Chaetodontidae menunjukkan kesukaan yang rendah terhadap kelompok habitat dengan nilai indeks fidelitas (Fij) ≥ 1. Genus karang yang sangat disukai berdasarkan Ivlev electivity index (Ei ˃ 0.5) oleh Chaetodontidae adalah Acropora, Poccilopora, Porites dan Stylophora. Rata-rata makan (feeding rate) paling tinggi adalah spesies H. singularis yaitu 44,8 gigitan/5 menit sedangkan yang terendah adalah spesies C. trifasciatus yaitu 27,25 gigitan/5 menit. Rata-rata makan Chaetodontidae tinggi pada daerah dengan persen tutupan terumbu karang tinggi dan tipe life form menentukan kesukaan ikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Indra Junaidi Zakaria, M.Si
Uncontrolled Keywords: Chaetodontidae, Gigitan, Kesukaan Habitat, Pulau Pasumpahan, Rata-Rata Makan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 24 Jul 2019 15:24
Last Modified: 24 Jul 2019 15:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47728

Actions (login required)

View Item View Item