Verni, Juita (2024) EXTENDED STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE (ESOR) FRAMEWORK DAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL PADA PENGGUNA BUY NOW PAY LATER (BNPL) DI INDONESIA. Doctoral thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version Download (887kB) |
|
Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version Download (373kB) |
|
Text (BAB Akhir)
bab akhir.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
Text (Dafpus)
dafpus.pdf - Additional Metadata Download (465kB) |
|
Text (Disertasi)
full_Draft Disertasi_VerniJuita_RevisiSidang_Final.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengaruh penggunaan layanan Buy Now Pay Later (BNPL) terhadap perilaku pembelian impulsif dan dampaknya pada kesejahteraan keuangan pengguna, menggunakan model Extended Stimulus-Organism-Response (ESOR). Selain itu, penelitian ini menilai pengaruh literasi keuangan digital terhadap pengendalian diri pengguna BNPL. Pendekatan positivisme dan metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data primer dikumpulkan melalui survei online menggunakan kuesioner yang didistribusikan via Google Formulir. Teknik purposive sampling digunakan untuk pengumpulanndata, yang disebarkan melalui berbagai platform media sosial. Respon dari 428 pengguna BNPL di seluruh Indonesia dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan SPSS 26.0 untuk analisis deskriptif. Selanjutnya SmartPLS 4.0 digunakan untuk analisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulus BNPL, yang terdiri dari promosi BNPL dan pengaruh sosial, hanya mempengaruhi organisme melalui kebahagiaan sebagai bagian dari respon emosi, sementara pengendalian diri maupun evaluasi normatif tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Kebahagiaan, sebagai respon emosi, memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Namun, pada respon kognitif, hanya pengendalian diri yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif pengguna BNPL. Penelitian ini mengonfirmasi model ESOR dengan adanya pengaruh signifikan dari pembelian impulsif terhadap kesejahteraan keuangan pengguna BNPL. Hasil penelitian juga menegaskan bahwa literasi keuangan digital memiliki pengaruh signifikan terhadap pengendalian diri pengguna BNPL, yang pada akhirnya memengaruhi perilaku keuangan mereka secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis pada literatur terkait perilaku konsumen, perilaku pembelian impulsif, dan pengambilan keputusan keuangan, terutama bagi pengguna layanan keuangan digital BNPL. Implikasi praktis bagi penyedia layanan BNPL termasuk memformulasi strategi pemasaran yang tepat menggunakan stimulus BNPL dan mempromosikan penggunaan BNPL yang bertanggung jawab dan berkelanjutan melalui berbagai program peningkatan literasi keuangan digital.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Vera Pujani SE., MM Tech |
Uncontrolled Keywords: | Buy Now Pay Later (BNPL), perilaku pembelian impulsif, kesejahteraan keuangan, literasi keuangan digital, model ESOR, pengendalian diri, promosi, pengaruh sosial. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Pascasarjana (S3) |
Depositing User: | S3 Manajemen Ekonomi |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:40 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477262 |
Actions (login required)
View Item |