PERANAN NOTARIS SEBAGAI SAKSI TERHADAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM YANG DILAKUKAN PIHAK DALAM AKTA NOTARIS (Studi Perkara Nomor 269/PID.B/2015/PN.PDG)

Dia, Ikhsan (2019) PERANAN NOTARIS SEBAGAI SAKSI TERHADAP PERBUATAN MELAWAN HUKUM YANG DILAKUKAN PIHAK DALAM AKTA NOTARIS (Studi Perkara Nomor 269/PID.B/2015/PN.PDG). Masters thesis, Universitas andalas.

[img]
Preview
Text (COVERB DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK PDF.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PDF.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR/PENUTUP)
BAB IV PDF.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL)
DIA IKHSAN SH MKn.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Notaris merupakan salah satu pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan lainnya sebagaimana dimaksudkan dalam undang-undang. Notaris bisa yang dipanggil sebagai notaris sebagai saksi, tersangka dan terdakwa apabila terjadi perbuatan melawan hukum dari akta outentik yan dibuat duhadapan notaris.Permasalahan dalam penulisan ini adalah 1) Peranan notaris sebagai saksi terhadap perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pihak dalam akta notaris dan 2)Pertimbangan hakim dalam Putusan Nomor 269/Pid.B/2015/PN.PDG mengenai Peranan notaris sebagai saksi terhadap perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pihak dalam akta notaris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif empiris. Hasil penelitian Peranan notaris sebagai saksi terhadap perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pihak dalam akta notaris adalah datang memenuhi panggilan sebagai saksi demi kepentingan penyidikan, notaris yang dipanggil untu kepentingan penyidikan haruslah mendapat persetujuan dari Majelis Kehormatan Notaris dan memberikan keterangan mengenai apa yang diberikan oleh para pihak baik lisan maupun tertulis dipersidangan. Notaris dipanggil dan perlu kehadirannya dalam pemeriksaan perkara pidana, dalam kapasitas sebagai pejabat umum yang membuat akta otentik, diperlukan kesaksiannya terhadap apa yang dilihat, didengar dan bukti-bukti pendukung dalam pembuatan akta otentik tersebut, yang ternyata terindikasi perkara pidana, 2) Pertimbangan hakim dalam Putusan Nomor 269/Pid.B/2015/PN.PDG mengenai Peranan notaris sebagai saksi terhadap perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pihak dalam akta notaris adalah notaris hanya sebagai saksi yang dipanggil kepengadilan untuk didengar keterangannya terhadap perbuatan melwan hukum yang dilakukan oleh terdakwa yaitu mengenai pemalsuan tandatangan SS untuk membuat surat kuasa menjual dan selain notaris juga dipanggil saksi dari pihak notaris yang merupakan saksi dalam pembuatan akta kuasa jual tersebut. Kata Kunci : Notaris , Saksi dan Perbuatan melawan hukum

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Ismansyah.,SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Notaris , Saksi dan Perbuatan melawan hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 24 Jul 2019 12:06
Last Modified: 24 Jul 2019 12:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47698

Actions (login required)

View Item View Item