Ghifari, Hafich (2024) Analisa Pengaruh Pembangunan Jalan Tol Padangsicincin Terhadap Perubahan Elevasi Muka Air pada Sungai Batang Kasang Menggunakan HEC-RAS 4.1.0. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (709kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (583kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version Download (426kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (394kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pembangunan infrastruktur di Sumatera Barat sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu infrastruktur yang paling diperhatikan adalah Pembangunan jalan tol. Pembangunan jaringan jalan tol adalah upaya penting dalam meningkatkan konektivitas dan mobilitas di berbagai wilayah. Namun, pembangunan jalan tol juga menimbulkan berbagai masalah pada lingkungan, termasuk masalah banjir. Terutama dalam perubahan daerah tangkapan hujan (Catchment Area). Pembangunan jalan tol mengakibatkan perubahan pola aliran air pada permukaan tanah yang disebabkan oleh pemblokiran aliran air dan mengubah arah alirannya sehingga menyebabkan penumpukan air pada sisi bangunan jalan tol dan membuat debit air menjadi lebih besar di hilir daerah tangkapan hujan (catchment area). Salah satu contoh dari perubahan daerah tangkapan hujan (catchment area) pada pembangunan jalan tol adalah pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin yang menurut warga sekitar wilayah sungai Batang Kasang menyebabkan banjir. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah pembangunan jalan tol Padang-Sicincin tersebut menyebabkan banjir seperti yang dianggap warga sekitar wilayah sungai Batang Kasang. Penelitian ini juga untuk melihat perubahan tinggi muka air sungai Batang Kasang sebelum dan setelah pembangunan jalan tol Padang-Sicincin menggunakan aplikasi HEC-RAS 4.1.0. Metode yang digunakan untuk Analisa debit banjir pada penelitian ini adalah Metode Rasional. Jumlah data hujan yang digunakan pada penelitian ini selama 25 tahun (1996-2020) pada satu stasiun hujan saja yaitu stasiun hujan Kasang. Hal ini dikarenakan hujan di kabupaten padang pariaman penyebaran hujannya tidak merata sehingga dipilih stasiun hujan yang paling dekat dengan lokasi penelitian. Distribusi data curah hujan yang digunakan adalah distribusi Log Pearson IIIdikarenakan distribusi tersebut yang persyaratan parameter statistiknya terpenuhi oleh perhitungan dengan data yang didapat. Hasil Analisa hidrologi menggunakan metode rasional pada kondisi sebelum pembangunan jalan tol Padang-Sicincin menghasilkan debit banjir rencana pada periode ulang 10 tahun (Q10) = 99.140 m3/s, Q25 = 110.526m3/s, Q50 = 118.437m3/s, Q100 = 125.921 m3/s. Sedangkan pada kondisi setelah pembangunan jalan tol didapatkan hasil debit banjir rencana sebesar Q10 = 101.781 m3/s, Q25 = 113.471 m3/s, Q50 = 121.592 m3/s, Q100 = 129.276 m3/s. Pada Analisa hidrolika yang menggunakan aplikasi HEC-RAS 4.1.0, dilakukan simulasi profil muka air dengan tipe aliran seragam (steady flow) dengan 2 kondisi, sebelum dan sesudah pembangunan jalan tol. Dari penelitian ini didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa perubahan tinggi muka air pada 2 kondisi tersebut tidak terlalu signifikan. Hasil yang didapat pada kondisi sebelum pembangunan tol sudah di tahap banjir, sedangkan pada kondisi setelah pembangunan jalan tol hanya berbeda 0.05-0.1 meter lebih tinggi dari sebelum pembangunan jalan tol.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Ir. Februarman, M. T |
Uncontrolled Keywords: | Banjir; Jalan tol; Catchment Area; HEC-RAS 4.1.0 |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 07:44 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:07 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476724 |
Actions (login required)
View Item |