Nouvensi, Ichlasul Farhan (2024) Analisis Kualitas Layanan Trans Padang Koridor VI Terhadap Tingkat Kepuasan Program Sarjana Universitas Andalas. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (437kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (225kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (232kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (178kB) |
|
Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya kegiatan transportasi di Kota Padang, yang ditandai dengan lonjakan jumlah kendaraan setiap tahunnya. Pada tahun 2021, tercatat peningkatan jumlah kendaraan sebanyak 477.499 unit, yang berdampak pada kemacetan di berbagai wilayah, termasuk di kalangan mahasiswa program sarjana. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah meluncurkan Bus Rapid Transit (BRT) yang terealisasi melalui bus Trans Padang Koridor VI. Namun, kehadiran Trans Padang bersaing dengan moda transportasi umum lainnya. Tarif yang terjangkau berpotensi mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna, khususnya mahasiswa program sarjana Universitas Andalas, yang menjadi salah satu rute utama bus tersebut. Dalam konteks persaingan ini, kualitas pelayanan bus Trans Padang Koridor VI menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa program sarjana Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Untuk memastikan validitas, reliabilitas, dan objektivitas kuesioner, dilakukan uji validitas menggunakan Korelasi Bivariate Pearson dan uji reliabilitas dengan metode Cronbach's Alpha. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Kendall’s Tau. Hasil penelitian dari 100 responden menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Trans Padang Koridor VI berada dalam kategori baik dengan persentase sebesar 79,89%. Sementara itu, tingkat kepuasan mahasiswa program sarjana Universitas Andalas tercatat pada kategori cukup baik dengan persentase 79,26%. Uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien korelasi Kendall’s Tau sebesar 0,887, yang mengindikasikan hubungan yang sangat kuat antara kedua variabel. Hasil uji koefisien determinasi (R-square) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Trans Padang berpengaruh sebesar 78,6% terhadap kepuasan mahasiswa program sarjana, sedangkan 21,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Yosritzal,S.T.,M.T.,Ph.D. |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan; Kualitas Layanan; Kota Padang; Bus Trans Padang Koridor VI; Mahasiswa Sarjana Universitas Andalas. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 04:28 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:09 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476651 |
Actions (login required)
View Item |