Perencanaan Fondasi Tiang pada Proyek Peningkatan Jembatan Kereta Api BH 105 km 49+039 Lubuk Alung - Kayutanam

Azizah, Hanifa Roja (2024) Perencanaan Fondasi Tiang pada Proyek Peningkatan Jembatan Kereta Api BH 105 km 49+039 Lubuk Alung - Kayutanam. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak.)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bab akhir)
BAB akhir (Penutup atauKesimpulan).pdf - Published Version

Download (673kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (858kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (41MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan volume lalu lintas di jalur Padang-Bukittinggi, khususnya pada segmen Lubuk Alung-Kayutanam, memerlukan perhatian khusus pada transportasi umum, terutama kereta api, sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan. Dalam rangka mendukung peningkatan pelayanan kereta api, proyek perbaikan jembatan kereta api BH 105 di Km 49+039, Lubuk Alung, menjadi penting. Jembatan ini memiliki panjang 60 meter dan membutuhkan peningkatan pada fondasi agar mampu menopang beban dari lokomotif baru yang lebih canggih. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan fondasi tiang yang dapat menahan beban vertikal dan lateral, sesuai dengan kondisi lapangan dan hasil pengujian data N-SPT. Metode pengerjaan fondasi dipilih berdasarkan efektivitas dan efisiensi, dengan memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan dalam proses konstruksi. Daya dukung dari fondasi tiang tunggal yang direncanakan mampu menampung beban izin sebesar 134,7 ton. Serta fondasi tiang kelompok rencana yang memiliki persebaran beban luar dengan tiang salah satu tiang menarima beban terbesar sebesar 63,175 ton. Penurunan masih dalam batas izin sebesar 9,47 mm, karena lebih kecil dari ketetapannya yaitu 25 mm. Rencana anggaran biaya untuk pekerjaan fondasi beserta pile cap jembatan adalah Rp.1.309.227.852 (Satu Miliyar tiga ratus sembilan juta dua ratus dua puluh tujuh ribu delapan ratus lima puluh dua rupiah ). Hasil perencanaan menunjukkan bahwa fondasi baru yang direncanakan mampu menahan beban sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan, serta metode konstruksi yang dipilih terbukti efektif dalam meningkatkan struktur bawah jembatan. Peningkatan fondasi ini diharapkan dapat mendukung peningkatan layanan kereta api di jalur Lubuk Alung-Kayutanam dan mengurangi kemacetan lalu lintas di wilayah tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Prof. Ir. Abdul Hakam, M.T, Ph.D.; Oscar Fithrah Nur M, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Jembatan Kereta Api; Fondasi Tiang; Daya Dukung; Penurunan; Rencana Anggaran Biaya.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 20 Aug 2024 10:44
Last Modified: 19 Nov 2024 01:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476576

Actions (login required)

View Item View Item