Implementasi Building Information Modeling pada Desain Jalan Nagari Malalak Utara-Nagari Sungai Batang dari Stationing0+000 3+500

Desirwan, Haikal Fikri (2024) Implementasi Building Information Modeling pada Desain Jalan Nagari Malalak Utara-Nagari Sungai Batang dari Stationing0+000 3+500. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
3. BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang memiliki peranan penting bagi peningkatan perekonomian, maka perkembangan pembangunan jalan di berbagai daerah kebupaten dan kota di seluruh Indonesia sangat dipacu oleh pemerintah. Dilatarbelakangi oleh beberapa faktor terumata terkait dengan keterbatasan aksesibilitas dan waktu tempuh yang lama melalui ruas jalan nasional yang ada untuk menuju Danau Maninjau dari Malalak Utara, hal ini mempengaruhi beberapa hal yaitu memperlambat arus transportasi sehingga menghambat perkembangan ekonomi dan pariwisata di daerah tersebut. Untuk mengatasi hal ini, maka dicari alternatif jalan untuk mempercepat mobilitas dari Malalak Utara menuju Danau Maninjau. Penelitian ini akan menghasilkan desain jalan dengan menggunakan bantuan Building Information Modeling (BIM). Jalan alternatif ini akan dirancang dan dimodelkan menggunakan software Autodesk Civil 3D 2024. Perencanaan jalan tersebut akan divisualisasikan dalam bentuk 3D dengan software Autodesk InfraWorks 2024. Selanjutnya, akan dihitung cost dan schedule yang kemudian akan diintegrasikan dengan model 3D melalui software Autodesk Naviswork Manage 2024. Jalan yang menghubungkan Nagari Malalak Utara dengan Nagari Sungai Batang, didesain berdasarkan Pedoman Desain Geometrik Jalan 2021, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2024. Jalan ini memiliki arus lalu lintas jam desain sebesar 137 SMP/Jam dan jenis perkerasan yang digunakan yaitu HRS (Hot Rolled Sheet) Tipis di Atas Lapis Fondasi Agregat dengan HRS-WC (Hot Rolled Sheet-Wearing Course) setebal 50 mm, Lapis Fondasi Agregat Kelas A setebal 150 mm, dan Lapis Fondasi Agregat setebal 150 mm. Jalan ini memiliki tipe jalan 2/2 TT dengan lebar jalur 4 meter dan lebar bahu jalan 2 meter dengan Lapis Fondasi Agregat Kelas A setebal 200 mm dan Lapis Fondasi Agregat Kelas B setebal 150 mm. Kecepatan desain yang digunakan yaitu 50 km/jam. Jalan ini juga menggunakan drainase tipe U Ditch tanpa penutup dengan lebar 0,45 meter dan tinggi 0,56 meter. Berdasarkan Bill of Quantity (BOQ), proyek ini membutuhkan anggaran sebesar Rp22.842.000.000,00 dan diperkirakan akan selesai dalam waktu 189 hari kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ir. BAYU MARTANTO ADJI, S.T., M.T., Ph.D; Ir. HENDRA GUNAWAN, M.T
Uncontrolled Keywords: Universitas Andalas; Jalan; Geometrik Jalan; Building Information Modeling; BIM; Autodesk Civil 3D; Autodesk Subassembly Composer; Autodesk InfraWorks; Autodesk Navisworks
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 20 Aug 2024 10:24
Last Modified: 19 Nov 2024 00:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476564

Actions (login required)

View Item View Item