Husna, Amira (2024) Analisis Karakteristik dan Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki di Trotoar Toko Sari Anggrek. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (348kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (472kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version Download (304kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pejalan kaki adalah bagian dari sistem transportasi. Walaupun di dalam sistem transportasi sering dilupakan, pejalan kaki tidak boleh disingkirkan. Peningkatan gerakan pejalan kaki dan tingkat pelayanan, kurang penting dibandingkan lalu lintas lainnya. Pada dasarnya kinerja lalu lintas pejalan kaki diekspresikan dengan cara yang sama dengan ekspresi kinerja lalu lintas kendaraan yaitu dengan arus, kecepatan, dan kepadatan yang saling berhubungan. Pada penelitian ini berlokasi di trotoar Toko Sari Anggrek Jalan Permindo Kota Padang. Dengan mempertimbangkan lokasi tersebut merupakan salah satu kawasan yang paling banyak didatangi oleh masyarakat setempat. Dengan banyaknya pengunjung secara fungsional trotoar menjadi salah satu fasilitas yang banyak digunakan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui karakteristik pejalan kaki, bagaimana hubungan antara kecepatan (speed), arus (flow), kepadatan (density), dan ruang (space) di lokasi penelitian ini. Selain itu, untuk mengetahui besarnya kapasitas dan Level Of Service (LOS) apakah masih mampu menampung jumlah pejalan kaki yang ada. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dan metode analisis. Metode survei dengan menggunakan teknik perekaman menggunakan handycam atau mirrorless dalam pengamatan dan pengambilan data di lapangan. Dari hasil survei di lapangan dilakukan perekapan data yang menghasilkan data jumlah pejalan kaki dan waktu tempuh pejalan kaki. Sedangkan metode analisis dengan menggunakan metode Greenshields dan Greenberg. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel maximum sebagai berikut menurut Greenshields, Dm = 0,0303 pejalan kaki/m², Vm = 33,514 m/min, Qm = 1,015 pejalan kaki/min/m. Sedangkan menurut Greenberg, Dm = 5,300 pejalan kaki/m², Vm = 15,187 m/min, Qm = 29,612 pejalan kaki/min/m. Untuk tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki di lokasi tersebut termasuk tingkat “A”. Hal ini menunjukkan fasilitas pejalan kaki di trotoar Toko Sari Anggrek masih mampu menampung jumlah pejalan kaki yang ada. Sedangkan nilai korelasi (r) metode yang paling sesuai adalah metode Greenberg r = -0,699.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Yosritzal, S.T., M.T., Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | karakteristik pejalan kaki; level of service; Greenshields; Greenberg; nilai korelasi. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 08:03 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 00:49 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476497 |
Actions (login required)
View Item |