Praktik Sosial Belajar Mahasiswa Aktivis UKM FKI Rabbani dalam Memperoleh Prestasi Akademik dan Nonakademik.

An’Ummillah, ‘Afif (2024) Praktik Sosial Belajar Mahasiswa Aktivis UKM FKI Rabbani dalam Memperoleh Prestasi Akademik dan Nonakademik. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
LOGO COVER, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB I)
LOGO BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (BAB IV)
LOGO BAB IV.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
LOGO DAPUS.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
LOGO FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam memperoleh indeks prestasi yang tinggi dan capaian non akademik yang baik tentu tidaklah mudah bagi para mahasiswa aktivis. Mereka harus membagi waktunya tidak hanya untuk belajar melalui perkuliahan, melainkan juga harus aktif pada lembaga yang menggali bakat dan minat mereka. FKI Rabbani sebagai bagian dari unit kegiatan mahasiswa di Universitas Andalas, memiliki banyak aktivitas program yakni terdapat 102 program kerja dalam setahun serta jumlah mahasiswa aktivis terbanyak, sehingga pada November lalu memenangkan nominasi sebagai UKM terbaik. Disamping itu, lembaga ini mampu untuk memberdayakan mahasiswa aktivisnya dalam hal akademik dan non akademik. Dengan kesibukan perkuliahan dan organisasi yang padat, tentunya mahasiswa aktivis FKI Rabbani memiliki praktik sosial belajar yang berbeda daripada mahasiswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan praktik sosial belajar yang dilakukan oleh mahasiswa aktivis FKI Rabbani. Penelitian ini mencoba menjelaskan dualitas agen dan struktur dari praktik sosial belajar yang dilakukan oleh mahasiswa aktivis FKI Rabbani. Teori praktik sosial Anthony Giddens digunakan dalam penelitian ini untuk menjawab masalah dan tujuan penelitian. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif yang menggunakan tipe deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara mendalam dengan sepuluh informan pelaku dan dua informan pengamat, Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih informan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beragam aktivitas belajar yang dilakukan oleh mahasiswa aktivis FKI Rabbani, dengan rutinitas perkuliahan 2-8 jam per hari, dan mahasiswa aktivis ini memanfaatkan waktu luang sebelum pergantian mata kuliah, di sela aktivitas organisasi, di waktu malam dan dini hari serta di akhir pekan untuk menyelesaikan tugas dan belajar. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan dualitas yang terjadi antara agen dan struktur, yakni pada gugus signifikasi menyangkut pemaknaan-pemaknaan oleh mahasiswa aktivis UKM FKI Rabbani yang merupakan hasil reproduksi sosial. Pada skemata dominasi dilakukan pengawasan oleh Dewan Penasehat Pengurus (DPP), ketua umum, ketua keputrian, koordinator masing-masing bidang, dan dewan alumni. Pada skemata legitimasi menyangkut aturan mengenai kejujuran, adab interaksi dan berpakaian, serta syarat keanggotaan FKI Rabbani.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Azwar, M.Si Zuldesni, S.Sos, MA.
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa aktivis; praktik sosial belajar; prestasi akademik dan non akademik; agen dan struktur
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:44
Last Modified: 25 Oct 2024 03:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476282

Actions (login required)

View Item View Item