Analisa Pengaruh Harmonisa Terhadapa Over Current relay (OCR) Akibat Penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pada Sistem Distribusi

Yomi, Syafutra (2019) Analisa Pengaruh Harmonisa Terhadapa Over Current relay (OCR) Akibat Penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pada Sistem Distribusi. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V penutup.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Tugas akhir (full text))
Tugas akhir (full text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaplikasian Photovoltaic (PV) merupakan salah satu solusi dari permintaan energi listrik yang semakin meningkat. Photovoltaic (PV) membangkitkan tegangan DC yang selanjutnya diperlukan inverter untuk merubahnya menjadi AC. Inverter merupakan beban non linier yang akan menghasilkan harmonisa. Harmonisa mengakibatkan bentuk tegangan dan arus menjadi non siniusoidal di dalam sistem tenaga. Arus yang mengalir dalam kumparan trip rele adalah jumlah vektor arus fundamental dan arus harmonisa disebut arus terdistorsi harmonisa atau arus total (It). Rele ada dua jenis yaitu rele elektromekanis dan rele statis. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan besar perubahan waktu operasi rele proteksi arus lebih dalam karakteristik arus-waktu standar inverse sebelum dan sesudah penambahan PLTS. Rele proteksi arus lebih banyak digunakan untuk memproteksi transformator daya dan penghantar dari gangguan arus lebih dan ditempatkan di pangkal jaringan distribusi tegangan menengah 20 kV. Rele jenis statis di setting berdasarkan arus fundamental. Adapun hasil penelitian ini adalah THDi naik maka arus terdistorsi harmonisa (It) bertambah dan arus fundamental menurun sekalipun tidak linier. It ini mengalir didalam kumparan trip rele sehingga rele trip lebih cepat dari pada waktu trip setting untuk karakteristik arus-waktu standar inverse. Karena itu disarankan supaya semua komponen beban non linier sistem tenaga dilengkapi filter harmonisa sehingga harmonisa dikurangi menjadi THDi ≤5% dan dilakukan penyetelan ulang semua rele untuk menyesuaikan dengan kondisi beban non linier dan koordinasi proteksi dengan sistem proteksi yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Ir. H. Syukri Yunus, M.Sc
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 24 Jul 2019 15:51
Last Modified: 24 Jul 2019 15:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47596

Actions (login required)

View Item View Item