MOTIVASI ANAK BEKERJA SEBAGAI PEMBUNGKUS PEPAYA (Studi Jorong Balai Satu Paladangan Nagari Malalak Selatan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam)

Erik, Danil Putra (2019) MOTIVASI ANAK BEKERJA SEBAGAI PEMBUNGKUS PEPAYA (Studi Jorong Balai Satu Paladangan Nagari Malalak Selatan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ERIK DANIL PUTRA, 1210812031. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: MOTIVASI ANAK BEKERJA SEBAGAI PEMBUNGKUS PEPAYA (Studi Jorong Balai Satu Paladangan Nagari Malalak Selatan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam) . Pembimbing I Drs. ALfitri, MS Pembimbing II Drs. Yulkardi, M.Si Pekerja anak adalah sebuah istilah untuk memperkerjakan anak kecil. Istilah pekerja untuk dapat memiliki konotasi pengeksploitasian anak kecil atas tenaga mereka, dengan gaji yang kecil atau pertimbangan bagi perkembangan kepribadian mereka, keamanannya, kesehatan, dan prospek masa depan.Kehadiran pekerja anak di Indonesia bukan hal yang baru. Data anak yang menjadi korban eksploitasi ekonomi maupun seksual karena adanya faktor pendorong yang menyebabkan seorang anak diharuskan untuk melakukan pekerjaan. Pekerja anak sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak dibawah umur untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya maupun keluarganya. Oleh sebab itu penelitian ini mengkaji Apa alasan pekerja anak yang berperan sebagai pembungkus pepaya di Jorong Balai Satu Paladangan Nagari Malalak Selatan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan alasan anak bekerja sebagai pembungkus pepaya di Jorong Balai Satu Paladangan Nagari Malalak Selatan Kecamatan Malalak Kabupaten Agam dan Mendeskripsikan penghasilan uang dari hasil bekerja anak sebagai pembungkus pepaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif yaitu tipe penelitian yang mendeskripsikan suatu keadaan melalui data-data yang diperoleh dilapangan, foto, catatan, dan dokumen resmi guna menggambarkan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi. Teori yang digunakan adalah teori fenomenologi Alfred Schutz yang mana teori ini memfokuskan manusia sebagai aktor yang memiliki motivasi dalam melakukan sebuah tindakan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alasan anak bekerja sebagai pembungkus papaya adalah menambah uang jajan, dan ikut-ikut teman. Penghasil Uang dari anak bekerja sebagai pembungkus papaya adalah sistem pembagian upah yaitu perpeti yang dikumpulkan oleh anak. Jam kerja anak yang disesuaikan oleh anak itu sendiri. Kata kunci: Motivasi, Anak, dan Bekerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Alfitri, M.S
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 25 Jul 2019 10:07
Last Modified: 25 Jul 2019 10:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47574

Actions (login required)

View Item View Item