ANALISIS RISIKO RANTAI PASOK SUSU SEGAR PETERNAKAN RAKYAT ( STUDI PADA KELOMPOK TANI PERMATA IBU KELURAHAN GANTING, PADANG PANJANG TIMUR)

ANDRE, FERNANDO (2019) ANALISIS RISIKO RANTAI PASOK SUSU SEGAR PETERNAKAN RAKYAT ( STUDI PADA KELOMPOK TANI PERMATA IBU KELURAHAN GANTING, PADANG PANJANG TIMUR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN andre.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN andre.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover Andre.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA andre.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full Text andre...pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada peternakan Sapi Perah Kelompok Tani Permata Ibu Kota Padang Panjang Kecamatan Padang Panjang Timur, pada tanggal 10 April – 8 Mei 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis risiko yang dihadapi oleh anggota rantai pasok susu segar peternakan rakyat pada Kelompok Tani Permata Ibu di Kota Padang Panjang dalam mendistribusikan susu segar sampai kepada konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dengan pemilihan sampel dilakukan dengan secara sengaja (purposive). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer langsung diperoleh dari wawancara dan pengisian kuisioner serta data sekunder diperoleh dari publikasi yang relevan, pencatatan yang dimiliki peternak dan lain-lain. Hasil identifikasi risiko menggunakan analisis FMEA pada setiap tingkat pelaku rantai pasok diketahui risiko yang teridentifikasi di tingkat peternak yaitu sebanyak 7 faktor risiko, risiko ditingkat peternak umumnya bersumber dari proses pemerahan dan kesehatan ternak. Risiko di tingkat distributor teridentifikasi sebanyak 10 faktor risiko yang umumnya bersumber dari penyimpanan dan distribusi susu. Selanjutnya risiko yang teridentifikasi di tingkat pedagang pengecer yaitu sebanyak 6 faktor risiko yang umumnya bersumber dari penyimpanan susu dan kondisi lingkungan. Ada 6 faktor risiko yang menjadi prioritas untuk dilakukan penanganan, upaya penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan langkah pencegahan risiko seperti, manajemen penyimpanan dan pendistribusian harus memperhatikan faktor–faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dan umur simpan produk serta pengecekan ulang terhadap keadaan ternak, alat pemerahan, dan lingkungan sekitar sesaat akan dilakukan proses pemerahan. Kata kunci : Rantai Pasok, Risiko, Sapi Perah, Susu Segar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Nurhayati S.Pt.,MM
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jul 2019 09:30
Last Modified: 24 Jul 2019 09:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47546

Actions (login required)

View Item View Item