HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SMA N 1 LEMBAH GUMANTI

Febmiyana, Ermisam Putri (2024) HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA DI SMA N 1 LEMBAH GUMANTI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Bab VII)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI_FEBMIYANA ERMISAM PUTRI_2011313012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku Agresif merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada kalangan remaja. Perilaku agresif dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kecanduan game online dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dan kecerdasan emosional dengan perilaku agresif pada remaja di SMA N 1 Lembah Gumanti. Penelitian dilakukan dari tanggal 24 Mai 2024 sampai dengan 30 Mai 2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan pendekatan deskriptif analitik. Metode sampel yang digunakan adalah stratified random sampling dengan total responden 229 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner yang terdiri dari Game Addiction Scale, Schutte Emosional Inteligience Scale, Buss-Perry Agression Questionare. Analisa bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini didapatkan lebih dari separuh (51,5%) responden memiliki kecanduan game online, lebih dari separuh (69%) responden memiliki kecerdasan emosional kategori sedang, lebih dari separuh (63,8%) responden memiliki perilaku agresif kategori sedang dan terdapat hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku agresif (p value = 0,003) dan terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif (p value = 0,000). Peneliti berharap agar siswa bijak dalam bermain game, bermain dengan waktu yang secukupnya, dan tidak terlalu serius dalam bermain game online. Karena menurut peneliti rasa frustrasi yang disebabkan oleh kekalahan disertai rasa lelah akibat terlalu lama bermain game merupakan hal penting yang mempengaruhi seseorang melakukan perilaku agresif apalagi bagi remaja yang emosinya belum matang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Atih Rahayuningsih,M.Kep,Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Game Online, Kecerdasan Emosional, Perilaku Agresif
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:11
Last Modified: 16 Aug 2024 08:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475142

Actions (login required)

View Item View Item