ANALISIS USAHA PEMBIBITAN TERNAK SAPI POTONG (Studi Kasus Usaha Pembibitan Sapi Potong Pada UPT Pembibitan Milik Dinas Pertanian di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman)

Andre, Junaidi (2019) ANALISIS USAHA PEMBIBITAN TERNAK SAPI POTONG (Studi Kasus Usaha Pembibitan Sapi Potong Pada UPT Pembibitan Milik Dinas Pertanian di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (full isi)
FULL ISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui dan Menganalisis aspek teknis usaha ternak sapi potong pada UPT pembibitan milik Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman.2). Mengetahui dan Menganalisis aspek ekonomis usaha ternak sapi potong pada UPT pembibitan milik Dinas pertanian Kabupaten Pasaman. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09 Agustus sampai 09 September 2018, menggunakan metode studi kasus dengan melakukan wawancara dan observasi. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek teknis pembibitan UPT pembibitan adalah bibit yang digunakan sapi Peranakan Ongole (PO), pakan yang diberikan adalah hijauan dan konsentrat, hijauan dan konsentrat diberikan 2 kali sehari, waktu pemberian pagi dan sore, jumlah pemberian hijauan 30 kg/ekor/hari sedangkan konsentrat diberikan 2 kg/ekor/hari, tipe kandang yaitu head to head dan pemeliharaan secara intensif, pencegahan penyakit usaha UPT pembibitan dengan cara memandikan sapi dan membersihkan kandang. Penerimaan UPT pembibitan adalah penerimaan non tunai sebesar 42.040.000, biaya produksi yang dikeluarkan selama 1 periode produksi Rp 129.576.000, terdiri dari biaya tetap Rp 95.477.000 dan biaya variabel Rp 34.099.000, keuntungan yang diterima sebesar Rp – 87.536.000 selama 1 periode dengan nilai R/C 0,32 ( R/C ratio < 1 ). Kata Kunci : Aspek teknis, keuntungan dan sapi potong

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Dwi Yuzaria, SE, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jul 2019 10:04
Last Modified: 24 Jul 2019 10:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47504

Actions (login required)

View Item View Item