HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN BPJS MANDIRI DI KLINIK FANISA PARIAMAN TAHUN 2015

ANDA, DIRTA PUTRI (2015) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN BPJS MANDIRI DI KLINIK FANISA PARIAMAN TAHUN 2015. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201508030953rd_skripsi anda dirta putriskm.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Manajemen pemasaran sudah diterapkan di Klinik Fanisa. Hasil temuan menunjukkan jumlah kunjungan pasien BPJS Mandiri yang terdaftar di Klinik Fanisa menurun di tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien BPJS Mandiri di Klinik Fanisa. Metode Metode penelitian kuantitatif dengan cross sectional study. Populasi penelitian seluruh pasien yang berkunjung dan terdaftar sebagai peserta BPJS Mandiri dengan sampel 98 orang. Pengambilan sampel dengan teknik Random Block Sampling. Data penelitian ini diolah dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji statistic chi-square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan 35,7% responden tidal loyal terhadap Klinik Fanisa Pariaman, 31,6% responden menyatakan produk tidak baik, 11,2% responden menyatakan tarif tidak terjangkau, 16,3% responden menyatakan tempat tidak terjangkau, 36,7% responden menyatakan promosi tidak baik, 27,6% responden menyatakan SDM/Petugas kesehatan tidak baik, 41,8% responden menyatakan proses tidak baik, 49,0% responden menyatakan bukti fisik tidak memadai. Variabel yang berhubungan dengan loyalitas pasien BPJS mandiri adalah proses dan bukti fisik, sedang yang tidak berhubungan adalah produk, tarif, tempat, promosi dan SDM/Petugas kesehatan. Kesimpulan Loyalitas pasien di Klinik Fanisa di pengaruhi oleh penilaian pasien terhadap proses dan bukti fisik. Disarankan kepada pihak klinik untuk mengurangi waktu tunggu pasien dengan cara memperbaiki sistem antrian dan melengkapi alat-alat dan fasilitas kesehatan yang dirasa belum mencukupi guna meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pasien. Daftar Pustaka : 26 (2003-2015) Kata Kunci : Bauran pemasaran, Loyalitas pasien, BPJS Mandiri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Ms Ikmal Fitriyani Alfiah
Date Deposited: 05 Feb 2016 03:17
Last Modified: 05 Feb 2016 03:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item