Dinda, Armesa (2024) Segmentasi Pasar dan Pemetaan Posisi Hijab Premium di Kota Padang dengan Metode Multidimensional Scaling. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (9MB) |
|
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version Download (93kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (119kB) |
|
Text (TA Full Text)
TA Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam konteks perkembangan waktu, kesadaran akan identitas sebagai muslim dan muslimah semakin terasa, terutama ditandai dengan peningkatan penggunaan hijab, khususnya hijab premium. Kendati memiliki harga yang lebih tinggi, hijab premium tetap diminati dan banyak dikenakan oleh hijabers. Hal ini menimbulkan kompetisi yang ketat antar pasar merek hijab premium. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui persaingan antar merek hijab premium dengan melakukan segmentasi pasar serta memetakan posisi produk berdasarkan atribut yang dipentingkan dalam memilih hijab premium yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan segmentasi pasar berdasarkan variabel dan atribut yang penting dalam memilih hijab yang akan digunakan dan memetakan posisi produk hijab untuk mengetahui persaingan antar merek hijab. Pemilihan merek hijab premium dilakukan berdasarkan hasil observasi pada e-commerce dan survey dan pengambilan sampel yang dibutuhkan menggunakan perhitungan slovin. Variabel demografi yang mempengaruhi perilaku konsumen diperoleh dari uji independensi chi square, segmentasi pasar diperoleh dari K-Means Cluster. Sedangkan posisi persaingan merek hijab premium diperoleh dari analisis korespondensi dan teknik Multidimensional Scaling dengan bantuan software SPSS ver. 25.0 yang menghasilkan perta posisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam membeli hijab premium dipengaruhi oleh pekerjaan dan penghasilan. Segmentasi pasar yang terbentu adalah dua segmen. Berdasarkan peta persepsi diperoleh bahwa terdapat pengelompokan merek berdasarkan atribut yang melekat. Peta persepsi tingkat kesamaan menunjukkan adanya persaingan antar merek yang berdekatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prima Fithri, S.T., M.T |
Uncontrolled Keywords: | MDS, Pemasaran, Pemetaan Posisi, Segmentasi, Targeting. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:38 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/474951 |
Actions (login required)
View Item |