POTENSI EKSTRAK DARI KULIT BUAH KOPI ARABIKA (Coffea arabika L.) SEBAGAI ANTIKANKER PAYUDARA PADA SEL T47D: STUDI IN SILICO DAN IN VITRO

TIO, FIRMANSYAH (2024) POTENSI EKSTRAK DARI KULIT BUAH KOPI ARABIKA (Coffea arabika L.) SEBAGAI ANTIKANKER PAYUDARA PADA SEL T47D: STUDI IN SILICO DAN IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover+Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kanker payudara merupakan keganasan pada jaringan payudara yang berasal dari epitel duktus maupun lobulusnya. Upaya pengobatan dan pencegahan kanker payudara terus dilakukan, salah satunya melalui pencarian obat baru dari pemanfaatan senyawa bioaktif bahan alam. Kulit buah kopi arabika (Coffea arabica L.) mengandung asam klorogenat, tanin, flavonoid dan polifenol yang berpotensi sebagai antikanker, namun penelitian terkaitnya masih belum maksimal dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi senyawa bioaktif dari kulit buah kopi arabika (Coffea arabica L.) sebagai sumber antikanker payudara. Penelitian ini dilakukan dengan melihat senyawa-senyawa bioaktif ekstrak etanol kulit buah kopi arabika (Coffea arabica L.) yang berpotensi sebagai antikanker payudara melalui uji analisis LC-MS dan PASS-Online, aktivitas sitotoksik terhadap cell line kanker payudara T47D dengan variasi konsentrasi ekstrak 31.25, 62.5, 125, 250, 500 dan 1.000 µg/ mL dan molecular docking senyawa-senyawa yang berpotensi sebagai antikanker dari ekstrak etanol kulit buah kopi arabika (Coffea arabica L.) terhadap protein ERβ (PDB ID 1QKM). Pada penelitian didapatkan 35 senyawa bioaktif hasil analisis LC-MS dan terdapat 8 senyawa bioaktif yang berpotensi sebagai antikanker payudara berdasarkan analisis PASS-Online, aktivitas sitotoksik terhadap cell line kanker payudara T47D dengan nilai IC50 138 µg/ml dan nilai afinitas ikatan senyawa bioaktif ekstrak etanol buah kopi arabika terendah dan memenuhi aturan Lipinski terdapat pada senyawa Morin terhadap protein target ERβ dengan docking score -7.9831 kcal.mol-1 lebih rendah dibandingkan dengan native ligand yaitu -7.7963 kcal.mol-1 . Senyawa bioaktif yang terkandung di ekstrak etanol kulit buah kopi arabika (Coffea arabica L.) memiliki potensi sebagai antikanker payudara pada cell line T47D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rita Maliza
Uncontrolled Keywords: Antikanker, Coffea arabika, molecular docking, senyawa bioaktif, cell line T47D
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:53
Last Modified: 14 Aug 2024 07:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/474338

Actions (login required)

View Item View Item