Analisis Tindak Tutur Komisif yang Digunakan oleh Host-Host Iklan MNC Shop

Widdya, Syafitri (2019) Analisis Tindak Tutur Komisif yang Digunakan oleh Host-Host Iklan MNC Shop. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text (BAB V (Kesimpulan dan Saran))
BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text (Tesis)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini difokuskan pada penggunaan tindak tutur komisif yang digunakan oleh host-host iklan MNC Shop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi modus dan pola tuturan komisif serta untuk menjelaskan fungsi dan strategi dari tindak tutur komisif yang digunakan oleh host-host iklan MNC Shop. Sumber data adalah iklan-iklan produk rumah tangga dan produk kesehatan yang tayang MNC Shop pada bulan Desember 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak. Teknik yang digunakan adalah teknik rekam dan teknik catat. Dalam analisisnya, metode yang digunakan adalah metode padan (metode padan pragmatik) dan metode agih dengan beberapa teknik yaitu teknik lesap, teknik balik dan teknik ganti. Kemudian, hasil analisis dipaparkan secara naratif dan didukung dengan tabel, diagram dan singkatan-singkatan untuk memberikan penjelasan yang lebih singkat dan jelas. Teori yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian adalah teori dari Alwi (2000) dan Putrayasa (2009) tentang bentuk tindak tutur komisif, Yule (1996) dan Ibrahim (1993) tentang fungsi tuturan komisif dan Wijana (1996) tentang strategi tindak tutur komisif. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, ditemukan bahwa modus tuturan komisif yang digunakan oleh host-host iklan MNC Shop adalah modus deklaratif, modus interogatif, dan modus eksklamatif dengan pola tuturan mengikuti susunan kalimat biasa / dasar (Dalam hal ini, susunan fungsi sintaksisnya sesuai dengan struktur sintaksis bahasa Indonesia yaitu SPOK atau posisi fungsi sintaksisnya sesuai dengan urutannya) dan juga pola tuturan berbentuk kalimat pasif. Fungsi tuturan komisif yang ditemukan adalah fungsi menjanjikan, fungsi menggaransi (menjamin), fungsi bertaruh, dan fungsi meyakinkan. Sementara itu, strategi tuturan komisif yang digunakan oleh host-host iklan dalam tuturannya antara lain strategi tuturan langsung, strategi tuturan langsung literal, dan strategi tidak langsung literal. Kata kunci: Tindak Tutur Komisif, Modus, Pola, Fungsi dan Strategi Tuturan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Sawirman, M. Hum
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 24 Jul 2019 13:02
Last Modified: 24 Jul 2019 13:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47405

Actions (login required)

View Item View Item