Analisis Tingkat Kepuasan Peserta JKN terhadap Pelayanan di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Batam Tahun 2024

Fadhil, Farhan (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Peserta JKN terhadap Pelayanan di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Batam Tahun 2024. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, namun masih terdapat peserta yang menyatakan pelayanan petugas masih kurang baik. Tujuan penelitian menganalisis tingkat kepuasan peserta JKN terhadap pelayanan petugas di BPJS Kesehatan KC Batam Tahun 2024. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi peserta yang datang ke BPJS Kesehatan KC Batam dengan sampel 101 responden menggunakan teknik purposive sampling dengan instrumen penelitian kuesioner. Pengolahan data menggunakan analisis univariat, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian yang dilakukan pada bulan Juni tahun 2024, menunjukkan bahwa dimensi reliability, responsiveness, dan assurance belum memuaskan. Berdasarkan diagram kartesius, terdapat 3 atribut yang menjadi prioritas utama untuk perbaikan. Berdasarkan perhitungan CSI didapatkan hasil sebesar 75,14% yang menyatakan peserta JKN puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas. Peserta rata-rata puas terhadap pelayanan petugas. Disarankan BPJS Kesehatan untuk melakukan upaya perbaikan terhadap atribut yang menjadi prioritas utama untuk perbaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ayulia Fardila Sari. ZA, SKM.,MPH.; Dr. Syafrawati, SKM., M.CommHealth Sc,
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Peserta; JKN; BPJS Kesehatan; Importance Performance Analysis; Customer Satisfaction Index
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:43
Last Modified: 30 Oct 2024 01:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/473896

Actions (login required)

View Item View Item