PENYELESAIAN SENGKETA ANTARA CV. ELANG PERKASA MOTOR DENGAN PT. ASURANSI CENTRAL ASIA DALAM PENGAJUAN KLAIM ASURANSI GEMPA (STUDI KASUS NO: 30/P3K/2013)

Ririn, Afriani (2019) PENYELESAIAN SENGKETA ANTARA CV. ELANG PERKASA MOTOR DENGAN PT. ASURANSI CENTRAL ASIA DALAM PENGAJUAN KLAIM ASURANSI GEMPA (STUDI KASUS NO: 30/P3K/2013). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAb IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan hukum merupakan produk Negara hukum.Perlindungan hukum berlaku untuk siapa saja khususnya konsumen.Konsumen merupakan setiap pengguna barang dan/jasa.Konsumen asuransi merupakan konsumen yang menggunakan jasa pengalihan resiko.Konsumen asuransi diberikan perlindungan hukum agar tidak adanya kesewenang-wenangan dari perusahaan asuransi.Perlindungan hukum dapat dilakukan secara preventif dan represif.Perlindungan secara represif dapat dilihat secara konkrit dalam penyelesaian sengketa konsumen.Adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha membuat konsumen dirugikan.Penyelesaian sengketa yang diteliti dalam penelitian ini adalah penyelesaian sengketa antara konsumen yang memiliki pinjaman pada suatu Bank dan menjadikan polis asuransinya sebagai jaminan atas pinjamannya dengan perusahaan asuransi. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana bentuk penyelesaian sengketa antara konsumen tersebut dengan perusahaan asuransi, 2). Apa kendala dalam penyelesaian sengketa konsumen di BPSK. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis empiris dengan analisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen tidak mendapatkan informasi yang benar dan jelas terkait nama tertanggung di dalam polis asuransi gempa. Konsumen juga tidak mengetahui bagaimana pengajuan klaim asuransi gempa apabila polis asuransinya dijadikan sebagai jaminan kepada Bank atas pinjamannya.Konsumenpun tidak aktif dalam meminta penjelasan kepada pelaku usaha terkait prosedur pengajuan klaim, besaran ganti rugi, dan kedudukannya sebagai tertanggung di dalam polis tersebut.Kendala penyelesaian sengketa ini adalah masalah pengetahuan hukum dari anggota BPSK karena sengketa konsumen dalam pemberian putusan khususnya dalam arbitrase membutuhkan pertimbangan hukum, serta tingkat pendidikan para pihak. Kata Kunci :Perlindungan hukum, Asuransi, BPSK

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rembrandt, S.H., M.Pd
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S2 Ilmu Hukum
Date Deposited: 24 Jul 2019 10:49
Last Modified: 24 Jul 2019 10:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47355

Actions (login required)

View Item View Item