Evaluasi Tingkat Pengetahuan dan Praktik Tenaga Kesehatan dalam Penanganan Sediaan Sitostatik di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Olvi, Semartha (2019) Evaluasi Tingkat Pengetahuan dan Praktik Tenaga Kesehatan dalam Penanganan Sediaan Sitostatik di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover+Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
TA full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sediaan sitostatik termasuk dalam golongan high alert medication yang dapat berefek karsinogenik, mutagenik, dan teratogenik terhadap pasien ataupun tenaga kesehatan yang langsung menanganinya, sehingga di perlukan pengetahuan dan praktik penanganan yang sesuai dengan standar atau pedoman yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pengetahuan dan praktik tenaga kesehatan dalam penanganan sediaan sitostatik di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan design cross sectional study. Teknik pengumpul data menggunakan total sampling dengan total 26 responden dan alat pengumpul data menggunakan kuesioner yang terdiri dari sosiodemografi, tingkat pengetahuan (23 pertanyaan), praktik penanganan (33 pertanyaan), dan hambatan dalam penanganan sediaan sitostatik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan tenaga kesehatan 96,15% baik sekali dan praktik penanganannya yang telah sesuai 96,15%. Namun masih ada beberapa tenaga kesehatan yang memiliki hambatan-hambatan dalam melakukan tugasnya, sehingga diharapkan pada pihak rumah sakit untuk dapat meminimalisir keluhan sehingga penanganan sediaan sitostatik dapat dilakukan secara aman. Kata kunci : Sitostatistika, Obat Sitostatik, Penanganan sitostatik yang aman, Kemoterapi, Pengetahuan dan Praktik Tenaga Kesehatan. ABSTRACT Cytostatic preparations are included in the high alert medication class which can have carcinogenic, mutagenic and teratogenic effects on patients or health workers who directly handle them, so that knowledge and handling practices are needed in accordance with applicable standards or guidelines. This study aims to evaluate the level of knowledge and practice of health professionals in the handling of cytostatic preparations in Dr. RSUP. M. Djamil Padang. This type of research is descriptive explorative with a cross sectional study design. Data collection techniques using total sampling with a total of 26 respondents and a data collection tool using a questionnaire consisting of sociodemography, level of knowledge (23 questions), handling practices (33 questions), and obstacles in handling cytostatic preparations. The results of this study indicate that the level of knowledge of health workers is 96,15% is very good and the appropriate handling practices are 96,15%. But there are still some health workers who have obstacles in carrying out their duties, so it is expected that the hospital can minimize complaints so that the handling of cytostatic preparations can be done safely. Key words : Cytotoxic, Cytotoxic drugs, Safe Handling of Cytotoxic, Chemotherapy, Knowledge and Practice of Health Workers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yelly Oktavia Sari, S.Si, M.Pharm, Apt
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 24 Jul 2019 11:20
Last Modified: 19 Jan 2023 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47353

Actions (login required)

View Item View Item