PENGARUH PEMBERIAN ELISITOR YEAST EXTRACT TERHADAP KANDUNGAN METABOLIT SEKUNDER KALUS KELADI TENGKORAK (Alocasia cuprea K.Koch) SECARA IN VITRO

Meza, Rani Maudya (2024) PENGARUH PEMBERIAN ELISITOR YEAST EXTRACT TERHADAP KANDUNGAN METABOLIT SEKUNDER KALUS KELADI TENGKORAK (Alocasia cuprea K.Koch) SECARA IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (Skripsi full text)
eSkripsi Full_Meza Rani Maudya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang pengaruh pemberian elisitor yeast extract terhadap kandungan metabolit sekunder kalus keladi tengkorak (Alocasia cuprea K.Koch) secara in vitro. Telah dilakukan pada bulan Oktober 2023 hingga Februari 2024 di Laboratorium Kultur Jaringan Kebun Raya Cibodas, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian elisitor yeast extract terhadap kandungan metabolit sekunder pada kalus A.cuprea secara in vitro dan mengetahui konsentrasi yeast extract yang optimum terhadap kandungan metabolit sekunder pada kalus A.cuprea secara in vitro. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan elisitor yeast extract yang diberikan 0, 50, 100, 150 dan 200 mg/L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian elisitor yeast extract tidak mempengaruhi berat basah, penambahan berat, dan berat kering kalus serta mempengaruhi warna dan tekstur kalus menjadi remah. Elisitasi pada kalus A.cuprea secara in vitro memberikan pengaruh yang dapat menstimulasi kandungan senyawa metabolit sekunder. Konsentrasi 150 mg/L yeast extract merupakan konsentrasi yang optimum untuk menstimulasi kandungan metabolit sekunder jenis senyawa Squalene pada kalus A.cuprea yang ditemukan bahwa memiliki waktu retensi dan persen area lebih tinggi dari perlakuan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zozy Aneloi Noli
Uncontrolled Keywords: Alocasia cuprea, Elisitor, Metabolit Sekunder, Yeast Extract
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:50
Last Modified: 12 Aug 2024 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/473514

Actions (login required)

View Item View Item