Perianto, Achmad (2024) Rekonstruksi Jalan Menggunakan Perkerasan Beton (Rigid Pavement) pada Ruas Jalan Air Sebakul-Betungan Provinsi Bengkulu. S2 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak ACHMAD PERIANTO.pdf - Published Version Download (19MB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I ACHMAD PERIANTO.pdf - Published Version Download (19MB) |
|
Text (Bab V)
BAB V ACHMAD PERIANTO.pdf - Published Version Download (19MB) |
|
Text (Daftar pustaka)
BAB Daftar Putaka.pdf - Published Version Download (19MB) |
|
Text (Full Text)
LAPORAN TEKNIK INSINYUR ACHMAD PERIANTO full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Ruas Jalan Air Sebakul – Betungan yang berada di kota Bengkulu Provinsi Bengkulu ditingkatkan menjadi jalan dengan perkerasan kaku (beton semen), merupakan bagian dari sistem transportasi sebagai pelayanan sarana infrastruktur bagi dampak pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk yang mengakibatkan bertambah besarnya volume lalu lintas serta jenis kendaraaan yang melintas pada ruas Jalan tersebut. Guna memenuhi kebutuhan tersebut perkerasan kaku (Rigid Pavement) diperlukan untuk melayani kebutuhan lalu lintas di masa sekarang dan yang akan datang. Perkerasan kaku adalah suatu susunan konstruksi perkerasan dimana sebagai lapisan atas dipergunakan pelat beton, yang terletak di atas pondasi atau langsung diatas tanah dasar (Bina Marga, 2003). Konsep dari perkerasan kaku (beton semen) cara BinaMarga direncanakan terhadap konfigurasi beban sumbu yang mengakibatkan tegangan terbesar pada pelat. Konsep Perencanaan perkerasan Metode AASHTO yaitu tebal pelat rencana akan bertambah sesuai pertambahan lalu lintas ekivalen selama umur rencana dan sebaliknya tebal pelat akan berkurang dengan pengurangan volume lalu lintas ekivalen. Demikian pula dalam metode PCA, perhitungan didapat hampir sama dengan metode Bina marga, akan tetapi dalam menentukan LHR kendaraan hanya menghitung beban sumbu truk saja. Sesuai hasil Perencanaan Tebal perkerasan plat beton Jalan Air Sebakul – Betungan dengan menggunakan metode Bina Marga, AASHTO dan PCA didapat tebal perkerasan plat beton sebesar 30,5 cm.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ir. Evitayani, S.Pt, M.Agr, IPM, ASEAN Eng |
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan kaku; beban ekivalen; AASHTO; Bina Marga; PCA. |
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Pascasarjana (S2) > Pendidikan Profesi Insinyur |
Depositing User: | S2 Profesi Insinyur |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 09:19 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 00:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/473351 |
Actions (login required)
View Item |