STUDI NUMERIK PENGARUH VARIASI BENTUK PENAMPANG BRESING TERHADAP KINERJA STRUKTUR PORTAL BAJA KONSENTRIK AKIBAT PEMBEBANAN SIKLIK

Muhammad, Arrigo Iqbal (2019) STUDI NUMERIK PENGARUH VARIASI BENTUK PENAMPANG BRESING TERHADAP KINERJA STRUKTUR PORTAL BAJA KONSENTRIK AKIBAT PEMBEBANAN SIKLIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img] Text (TA Full)
Muhammad Arrigo Iqbal 1510922043.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (66MB)

Abstract

Struktur portal baja dengan pengaku diagonal bertipe konsentrik merupakan salah satu sistem rangka baja yang dapat memikul beban gempa. Penggunaan pengaku atau bresing pada struktur dapat membantu beban struktur sendiri dengan membiarkan bresing mencapai leleh terlebih dahulu sebelum akhirnya beban memengaruhi struktur utama portal. Penelitian ini melakukan analisa pengaruh variasi bentuk penampang bresing terhadap kekakuan dan besar energi disipasi yang dihasilkan akibat pembebanan siklik. Bentuk penampang yang digunakan pada penelitian ini adalah profil IWF 400.200.8.13 untuk kolom dan balok portal, sedangkan untuk variasi profil pada bresing yaitu, Hollow Square Section (HSS) 150.150.4,247 ; profil Hollow Rectangular Section (HRS) 200.100.4,548 ; dan profil IWF 200.100.5,5.8 dengan mutu yang sama yaitu BJ 37. Software yang digunakan pada studi numerical ini adalah MSC Patran - Nastran Student Version. MSC Patran digunakan dalam tahap permodelan dan pembacaan kontur tegangan pada hasil akhir, sedangkan Analisa dan proses running struktur menggunakan MSC Nastran. Pada pembebanan monotonik, didapatkan hasil beban ultimate yang tidak terpaut jauh antara 3 variasi penampang dengan nilai beban ultimate paling besar ada pada profil Hollow HSS sebesar 1,165 kali lebih besar dari beban ultimate rata-rata. Dan pada pembebanan siklik, bresing dengan porfil Hollow HSS memiliki kemampuan untuk mendisipasi energi lebih besar dari 2 variasi lainnya, dengan perbandingan 1,19 kali lebih besar dari pada Hollow HRS dan 1,75 kali lebih besar dibandingkan dengan profil IWF. Kestabilan perubahan nilai kemiringan kurva hysteretic digunakan untuk mengalisa kekakuan struktur, nilai kemiringan kurva hysteretic yang didapat pada bentuk penampang bresing IWF memiliki nilai yang paling tinggi diantara 2 variasi bentuk penampang bresing lainnya. Sehingga dapat dinyatakan bahwa bentuk penampang bresing yang paling kaku adalah penampang IWF. Kata kunci : Konsentrik, Portal baja, Energi disipasi, Siklik, Kurva Hysteretic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: NIDIASARI, MT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 23 Jul 2019 11:03
Last Modified: 23 Jul 2019 11:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47300

Actions (login required)

View Item View Item