GAMBARAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DALAM NOVEL MEI MERAH 1998: KALA ARWAH BERKISAH KARYA NANING PRANOTO (PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA)

Junita, Putri (2019) GAMBARAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DALAM NOVEL MEI MERAH 1998: KALA ARWAH BERKISAH KARYA NANING PRANOTO (PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V (Penutup))
BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekerasan yang terjadi pada perempuan yang menjadi salah satu permasalahan sosial yang sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kekerasan terhadap perempuan dan mendeskripsikan faktor pemicu terjadinya kekerasan terhadap perempuan dalam novel Mei Merah 1998: Kala Arwah Berkisah karya Naning Pranoto. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra, yakni sosiologi karya. Teori yang digunakan adalah teori Ian Watt yang menyatakan bahwa karya sastra sebagai cerminan masyarakat. Ada pun metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang menghasilkan kata-kata tertulis mengenai kekerasan terhadap perempuan dalam novel Mei Merah 1998: Kala Arwah Berkisah karya Naning Pranoto. Teknik yang digunakan untuk menyimpulkan data adalah teknik pengumpulan data dengan cara membaca novel Mei Merah 1998: Kala Arwah Berkisah karya Naning Pranoto untuk memahami karya serta data , teknik pengklasifikasian data yang berkaitan dengan kekerasan terhadap perempuan dalam Mei Merah 1998: Kala Arwah Berkisah karya Naning Pranoto, teknik analisis data dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra untuk melihat bagaimana bentuk dan penyebab terjadinya kekerasan terhadap perempuan dalam Mei Merah 1998: Kala Arwah Berkisah karya Naning Pranoto, dan teknik penyajian hasil analisis data yang akan dijabarkan menggunakan kata-kata tertulis.. Setelah dilakukan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kekerasan terhadap perempuan dalam novel Mei Merah 1998: Kala Arwah Berkisah karya Naning Pranoto berbentuk kekerasan intensional yang terbagi atas kekerasan fisik dan kekerasan seksual serta kekerasan bukan intensional yang berdampak pada perendahan, pengancaman dan penghancuran terhadap seseorang. Kekerasan tersebut disebabkan karena peristiwa kerusuhan Mei 1998, perilaku yang memancing nafsu sehingga terjadinya kekerasan, penolakan, dan karena kesibukan dalam pekerjaan. Kata kunci: novel, gambaran, kekerasan, perempuan, sosiologi sastra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Armini Arbain, M.Hum.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 23 Jul 2019 09:46
Last Modified: 23 Jul 2019 09:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47272

Actions (login required)

View Item View Item