Kombinasi Intensitas Cahaya dan Konsentrasi Sukrosa Dalam Peningkatan Pertumbuhan Tunas Curcuma sumatrana Miq. Secara In Vitro

Fani, Fatmawati Parma (2024) Kombinasi Intensitas Cahaya dan Konsentrasi Sukrosa Dalam Peningkatan Pertumbuhan Tunas Curcuma sumatrana Miq. Secara In Vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK_ESKRIPSI FIX_Fani Fatmawati Parma_2010422030.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (skripsi full text)
ESKRIPSI FULL_Fani Fatmawati Parma_2010422030.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Curcuma sumatrana merupakan tumbuhan potensial endemik dari Sumatera Barat. Populasi tumbuhan ini menurun karena eksploitasi sedangkan area distribusinya terbatas. Alternatif yang bisa digunakan dalam upaya pelestarian yaitu dengan perbanyakan melalui kultur jaringan. Perlunya habitat asli yang spesifik untuk pertumbuhan C. sumatrana, memungkinkan dilakukan modifikasi faktor lingkungan kultur in vitro untuk mendukung pertumbuhan tunas, yaitu dengan memodifikasi cahaya dan peningkatan konsentrasi sukrosa pada media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa intensitas cahaya yang dikombinasikan dengan peningkatan konsentrasi sukrosa pada media kultur terhadap pertumbuhan tunas C. sumatrana. Penelitian di desain menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split plot Design) dengan 9 perlakuan dan 8 ulangan. Media kultur in vitro yang digunakan adalah media Murashige-Skoog (MS) dengan konsentrasi sukrosa 30, 45, dan 60 g.L 1 dan dilakukan pengacakan pada intensitas cahaya 500~, 1000~, dan 3000~lux. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa pemberian intensitas cahaya hingga 3000~lux berpengaruh dalam meningkatkan jumlah daun, jumlah tunas, bobot basah eksplan, kadar klorofil A, klorofil B, klorofil total dan antosianin. Peningkatan konsentrasi sukrosa mempengaruhi tinggi tunas, jumlah daun dan kadar klorofil A. Kombinasi intensitas cahaya 3000~lux dan konsentrasi sukrosa 45 g.L-1 memberikan nilai tertinggi untuk jumlah daun, jumlah tunas, bobot basah, kadar klorofil A serta mempercepat pertumbuhan akar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. M. Idris
Uncontrolled Keywords: Curcuma sumatrana, intensitas cahaya, pertumbuhan, sukrosa, tunas
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:49
Last Modified: 06 Aug 2024 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/472429

Actions (login required)

View Item View Item