Uji Efek Esktrak Etanol Buah Ketumbar (Coriandrum sativum L.) Terhadap Aktivitas dan Kapasitas Fagositosis Sel Makrofag dan Persentase Sel Leukosit Mencit Putih Jantan

Marselani, Kolobinti (2019) Uji Efek Esktrak Etanol Buah Ketumbar (Coriandrum sativum L.) Terhadap Aktivitas dan Kapasitas Fagositosis Sel Makrofag dan Persentase Sel Leukosit Mencit Putih Jantan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buah ketumbar sejak lama digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia sebagai obat dan meningkatkan cita rasa bahan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari esktrak etanol buah ketumbar terhadap aktivitas dan kapasitas fagositosis sel makrofag serta persentase leukosit. Hewan uji digunakan mencit putih jantan dibagi menjadi 4 kelompok yang masing- masingnya terdiri dari 5 ekor. Kelompok pertama (kontrol) diberi suspensi Na CMC 0,5 %, kelompok kedua,ketiga dan keempat diberi ekstrak etanol buah ketumbar dengan dosis 100 mg/kgBB, 140 mg/kgBB dan 200 mg/kgBB secara oral selama 7 hari. Pada hari ke 8 mencit diinduksi bakteri Staphlococcus aureus secara intraperitoneal untuk melemahkan sistem imunnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak buah ketumbar pada dosis 100, 140 dan 200 mg/kgBB dapat meningkatkan aktivitas fagositosis makrofag 44,6% ; 54,2%; dan 60,2%, sedangkan pada kapasitas fagositosis memperlihatkan hasil 95,8; 104,4 dan 126 sel. Jumlah total leukosit menunjukkan hasil 5210, 6190 dan 7310 /µL darah. Pada persentase jumlah sel leukosit, pemberian ekstrak buah ketumbar dapat menurunkan jumlah sel neutrofil segmen dan sel monosit. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa buah ketumbar pada dosis 100, 140 dan 200 mg/kgBB dapat meningkatkan aktivitas, kapasitas fagositosis sel makrofag dan jumlah sel leukosit total mencit putih jantan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yufri Aldi, M.Si, Apt. Dwisari Dillasamola, M.Farm, Apt.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Coriandrum sativum, aktivitas, kapasitas fagositosis, makrofag, leukosit
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 23 Jul 2019 15:23
Last Modified: 23 Jul 2019 15:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47241

Actions (login required)

View Item View Item