Rancang Bangun Sistem Kontrol Temperatur dan pH Tanah untuk Tanaman Bawang Merah dengan Notifikasi Ketinggian Air Ketapang melalui SMS

Nosa, Apri Amelia (2019) Rancang Bangun Sistem Kontrol Temperatur dan pH Tanah untuk Tanaman Bawang Merah dengan Notifikasi Ketinggian Air Ketapang melalui SMS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover sampai Abstract.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL_Nosa Apri Amelia_1510441027_FISIKA_UNAND.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Telah dilakukan rancang bangun sistem yang bertujuan untuk mengontrol temperatur dan pH tanah untuk tanaman bawang merah dengan notifikasi ketinggian air ketapang melalui SMS. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan mengukur pH dan temperatur yang terdeteksi oleh sensor pH E201-C dan sensor LM35 dan akan diteruskan ke mikrokontroler. Mikrokontroler akan membandingkan nilai pH dan temperatur masukan dengan nilaipH dan temperatur yang terdeteksi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu sebuah alat yang telah dapat mengontrol pH dan temperatur tanah untuk tanaman bawang merah dengan rentang pH 5,6 s/d 7 dan temperatur 25 C s/d 32C serta dapat mengirim notifikasi kepengguna melalui SMS saat ketinggian air ketapang telah mendekati batas minimum yang ditetapkan yaitu 15 cm dari atas tempat yang digunakan. Pertumbuhan tanaman bawang merah yang telah dikontrol pH dan temperatur tanahnya menghasilkan tanaman bawang merah dengan persentase massa 78,6 dan persentase diameter 64 sedangkan pertumbuhan tanaman bawang merah yang tidak dilakukan proses pengontrolan didapatkan persentase massa 50,6 denganpersentase diameter 38. Kata kunci: Arduino-Uno, Sensor E201-C, sensor LM35, SMS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nini Firmawati, M.Sc
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 22 Jul 2019 15:25
Last Modified: 22 Jul 2019 15:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47218

Actions (login required)

View Item View Item