Keisha, Joventa (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Poli Gigi dan Mulut dengan Kepuasan Pasien Umum dan BPJS di Puskesmas Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (206kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version Download (130kB) |
|
Text (Bab VI Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version Download (67kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (642kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Sebanyak 57% penduduk Indonesia mengeluhkan masalah gigi dan mulut, namun hanya 11,2% yang pergi ke tenaga medis untuk mendapatkan perawatan. Jumlah kunjungan pasien ke fasilitas kesehatan sangat dipengaruhi oleh penilaian terhadap kualitas pelayanan. Kekecewaan dan persepsi bahwa fasilitas kesehatan tidak mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dapat disebabkan oleh adanya ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diterima oleh pasien. Tujuan: Mengetahui hubungan kualitas pelayanan poli gigi dan mulut dengan kepuasan pasien umum dan BPJS di Puskesmas Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Metode: Jenis penelitian yaitu penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 107 responden yang dibagi menjadi 14 responden umum dan 97 responden BPJS. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang mencakup lima dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati serta kepuasan pasien. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji tes chi square untuk mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien serta uji tes mann whitney untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien umum dan BPJS. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan poli gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien umum dan BPJS di Puskesmas Guguk Panjang Kota Bukittinggi dengan p value lebih kecil dari 0,05. Penelitian ini juga menunjukkan tidak terdapat perbedaan kepuasan pasien umum dan BPJS di Poli Gigi dan Mulut Puskesmas Guguk Panjang dengan p value lebih besar dari 0,05. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kelima dimensi kualitas pelayanan poli gigi dan mulut dengan kepuasan pasien umum dan BPJS di Puskesmas Guguk Panjang Kota Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. drg. Febrian, MKM |
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, kepuasan pasien, perbedaan kepuasan, umum, dan BPJS |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi |
Depositing User: | s1 pendidikan dokter gigi |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:32 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/472034 |
Actions (login required)
View Item |