PENGARUH SELF-EFFICACY, DUKUNGAN SOSIAL DAN KEPEMIMPINAN OTENTIK KEPALA RUANGAN TERHADAP RESILIENSI PERAWAT PELAKSANA DI RSUD KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2019

Okti, Rahayu Asih (2019) PENGARUH SELF-EFFICACY, DUKUNGAN SOSIAL DAN KEPEMIMPINAN OTENTIK KEPALA RUANGAN TERHADAP RESILIENSI PERAWAT PELAKSANA DI RSUD KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak .pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB VII (kesimpulan dan saran) .pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Resiliensi merupakan hal penting yang perlu dibangun pada profesi keperawatan untuk mengatasi tantangan dan kesulitan di tempat kerja. Rendahnya resiliensi perawat dapat menyebabkan burnout, rendahnya keterikatan kerja, kinerja dan kualitas pelayanan keperawatan. Resiliensi dapat berubah, dipelajari serta dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya self-efficacy, dukungan sosial dan kepemimpinan otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy, dukungan sosial dan kepemimpinan otentik kepala ruangan di RSUD Kota Padang Panjang. Desain penelitian adalah korelasi Sampel diambil dengan cara proportional random sampling dengan jumlah sampel 110 perawat pelaksana. Data dikumpulkan dengan memakai kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan self-efficacy, dukungan sosial dan kepemimpinan otentik berpengaruh signifikan dan positif terhadap resiliensi perawat pelaksana RSUD Kota Padang Panjang. Pihak manajemen RSUD Kota Padang Panjang dapat meningkatkan resiliensi perawat pelaksana dengan cara melaksanakan program orientasi pada perawat muda dengan masa kerja yang masih baru dan perawat Non PNS, memfasilitasi perawat meneruskan pendidikan dan mengikuti pelatihan, membuat program family gathering dan family hospital tour serta menyelenggarakan program pelatihan kepemimpinan bagi kepala ruangan. Kata Kunci : Dukungan Sosial, Kepemimpinan Otentik, Perawat, Resiliensi, Self-efficacy Daftar pustaka : 184 (1988-2018)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Fahmy, SE, MBA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 22 Jul 2019 11:30
Last Modified: 22 Jul 2019 11:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47164

Actions (login required)

View Item View Item