APLIKASI ASSISTED POLLINATION (PENYERBUKAN BUATAN) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI KELAPA SAWIT BARU MENGHASILKAN DI KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Kartini, Kartini (2019) APLIKASI ASSISTED POLLINATION (PENYERBUKAN BUATAN) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI KELAPA SAWIT BARU MENGHASILKAN DI KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL (KARTINI).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

APLIKASI ASSISTED POLLINATION (PENYERBUKAN BUATAN) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI KELAPA SAWIT BARU MENGHASILKAN DI KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA ABSTRAK Informasi tentang assisted pollination (penyerbukan buatan) diperlukan untuk mendapat informasi untuk mengetahui efektivitas dalam proses penyerbukan kelapa sawit baru menghasilkan untuk meningkatkan produktifitas perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2018 – Januari 2019 diperkebunan kelapa sawit rakyat Kecamatan Pulau Punjung. Penelitian ini menggunakan beberapa dosis dengan perlakuan pollen (serbuk sari) yaitu P0: tanpa perlakuan, P1: 0,10 g pollen/tandan, P2: 0,15 g pollen/tandan, P3: 0,20 g pollen/tandan, P4: 0,25 g pollen/tandan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan, sehingga didapat 25 tandan bunga. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf 5% apabila F hitung lebih besar dari F tabel 5% maka akan dilanjutkan dengan Uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Pada P4 didapatkan efektifitas fruit set dengan nilai 88,83 % dengan hasil tertinggi dan memiliki kemampuan meningkatkan nilai fruit set. Pada berat tandan P4 dengan nilai 9,8 kg didapatkan berat tandan dengan nilai tertinggi artinya berat tandan pada dosis ini penyerbukannya sukses membentuk buah berukuran besar sehingga berat tandan buah menjadi berat. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa assisted pollination pada dosis 0,25 g pollen/tandan berpengaruh nyata serta memiliki kemampuan meningkatkan nilai fruit set dan berat tandan buah. Kata kunci: kelapa sawit, assisted pollination, pollen, fruit set, tandan buah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof .Dr.Ir Reni Mayerni, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 22 Jul 2019 10:27
Last Modified: 22 Jul 2019 10:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47145

Actions (login required)

View Item View Item