Analisis swadaya tukang nagari (Swa-Tuna) dalam Perspektif pembangunan infrastruktur nagari taram kecamatan harau kabupaten lima puluh kota

Dilla, Ismariyan (2024) Analisis swadaya tukang nagari (Swa-Tuna) dalam Perspektif pembangunan infrastruktur nagari taram kecamatan harau kabupaten lima puluh kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
cover.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (Skripsi Full)
DILLA ISMARIYAN fix bundel 23 july.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dilla Ismariyan, 1710843014, Analisis Program Swadaya Tukang Nagari (Swa-Tuna) Dalam Perspektif Partisipasi Pembangunan Infrastruktur Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, Departemen Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, 2024. Dibimbing oleh: Drs. Yozerizal M.Si dan Dr. Desna Aromatica M.AP. Program Swa-Tuna merupakan inovasi yang memanfaatkan tenaga kerja tukang nagari taram untuk pembangunan infrastruktur desa yang didanai oleh dana desa. Program ini diatur melalui Surat Keputusan Wali Nagari Taram no 38 pada tahun 2018 yang melibatkan lebih dari 100 orang tukang. Tukang ini diwajibkan berswadaya atau tidak dibayarkan upahnya satu hari kerja untuk setiap program pembangunan dan tukang-tukang yang telah berswadaya dibebaskan dari kewajiban gotong royong rutin, dibebaskan dari kegiatan ronda dan dibebaskan dari iuran-iuran social lainnya. Penelitian ini menggunakan teori Yosef Riwu kaho, MPA dengan empat variabel yaitu; partisipasi pengambilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam penerimaan manfaat, partisipasi dalam evaluasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pengelompokkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Swa-Tuna berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur desa. Partisipasi tidak hanya terlihat pada kontribusi tenaga kerja, tetapi juga pada tahap perencanaan hingga tahap evaluasi program pembangunan. Hasil dari pembangunan memiliki banyak manfaat diberbagai aspek kehidupan masyarakat karena pembangunan berhubungan langsung dengan mata pencaharian masyarakat, seperti petani, masyarakat yang berkebun dan manfaat pribadi untuk tukang itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Yozerizal M.Si
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Infrastruktur, Swadaya Tukang Nagari
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 23 Jul 2024 09:20
Last Modified: 23 Jul 2024 09:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/471077

Actions (login required)

View Item View Item