KHASIAT ANTI NEUROPATI DIABETES BERBAGAI SEDIAAN UMBI TALAS MENTAWAI (Colocasia esculenta L., Araceae) PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI ALOKSAN

Sutri, Wulansari Safril (2024) KHASIAT ANTI NEUROPATI DIABETES BERBAGAI SEDIAAN UMBI TALAS MENTAWAI (Colocasia esculenta L., Araceae) PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIINDUKSI ALOKSAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Neuropati diabetes merupakan salah satu komplikasi diabetes mellitus yang dapat mempengaruhi suplai darah ke sistem saraf tepi sehingga dapat menyebabkan hilangnya sensasi, cedera, hingga kematian. Pengobatan neuropati diabetes yang umum digunakan berasal dari obat-obatan kimia komersil yang memiliki efek samping apabila digunakan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, perlu penggunaan bahan alami, salah satunya pemanfaatan umbi talas Mentawai (Colocasia esculenta, L.). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh pemberian sediaan umbi talas Mentawai berupa tepung, serat, dan pati terhadap sensitivitas sensorik kaki dan keseimbangan lokomotor sebagai indikator neuropati diabetes, menentukan pengaruh akumulasi malondialdehid (MDA) pada jaringan cerebellum, dan histopatologi cerebellum pada mencit neuropati diabetes yang diinduksi aloksan. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima kelompok perlakuan dan lima ulangan, yaitu kontrol negatif (mencit sehat non diabetes), kontrol positif (mencit diabetes tanpa pemberian sediaan umbi talas Mentawai), dan mencit diabetes dengan pemberian umbi talas mentawai sediaan tepung, serat, dan pati dalam pakan sebanyak 25%. Uji terhadap sensitivitas sensorik kaki diamati menggunakan hot plate dan uji keseimbangan lokomotor diamati menggunakan balance beam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serat memiliki pengaruh paling baik terhadap sensitivitas sensorik kaki, sedangkan pati memiliki pengaruh paling baik terhadap keseimbangan lokomotor. Kemudian, serat memiliki pengaruh paling baik terhadap akumulasi MDA dan terhadap persentase jumlah sel Purkinje cerebellum yang rusak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Putra Santoso
Uncontrolled Keywords: Colocasia esculenta (L.), malondialdehid (MDA), neuropati diabetes, sensitivitas sensorik dan keseimbangan lokomotor, dan sel purkinje.
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:43
Last Modified: 18 Jul 2024 06:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/470930

Actions (login required)

View Item View Item