META-ANALISIS PERBANDINGAN KARAKTERISTIK VINEGAR YANG DIHASILKAN MENGGUNAKAN METODE PRODUKSI LAMBAT DAN METODE PRODUKSI CEPAT

Rifka, Arifatulhuda (2022) META-ANALISIS PERBANDINGAN KARAKTERISTIK VINEGAR YANG DIHASILKAN MENGGUNAKAN METODE PRODUKSI LAMBAT DAN METODE PRODUKSI CEPAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
full tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keasaman, senyawa volatil, dan senyawa fenolik merupakan karakteristik penting dari vinegar, dimana keasaman merupakan karakteristik utama dari vinegar, kandungan dan komposisi senyawa volatil yang mempengaruhi profil aroma vinegar, kandungan senyawa fenolik yang berperan dalam fungsi kesehatan vinegar. Perbedaan teknologi produksi yang digunakan dalam pembuatan vinegar menghasilkan vinegar dengan karakteristik yang berbeda-beda. Ada dua metode umum yang biasa digunakan dalam pembuatan vinegar, yaitu metode lambat dan metode cepat. Meta-analisis ini digunakan untuk menyimpulkan beberapa penelitian yang meneliti perbedaan keasaman, senyawa volatil, dan senyawa fenolik dalam vinegar yang dihasilkan melalui metode lambat dan metode cepat. Vinegar yang diproduksi dengan metode cepat memiliki kandungan asam yang lebih tinggi daripada vinegar yang diproduksi dengan metode lambat. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa perbandingan karakteristik senyawa volatil pada vinegar yang dihasilkan dengan metode lambat dan metode cepat dimana metode lambat cenderung menghasilkan vinegar dengan konsentrasi senyawa kelompok ester asetat dan alkohol yang tinggi, dan metode cepat cenderung menghasilkan vinegar dengan konsentrasi tinggi pada kelompok asam volatil. Konsentrasi senyawa fenolik dalam vinegar yang dihasilkan dengan metode lambat lebih tinggi daripada metode cepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novelina, MS
Uncontrolled Keywords: keasaman, senyawa volatil, senyawa fenolik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknologi industri pertanian
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:52
Last Modified: 10 Jul 2024 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/470786

Actions (login required)

View Item View Item