AKTIVITAS KERJA PENAMBANG EMAS (Studi Kasus: Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat)

Agil, Angriyansyah Putra (2019) AKTIVITAS KERJA PENAMBANG EMAS (Studi Kasus: Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstarct)
cover dam abstarct.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FORMAT_FULL_VERSION AGIL FULL a.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertambangan rakyat merupakan pertambangan yang beroperasi secara ilegal di Kabupaten Solok Selatan, dalam aktivitas pertambangan tersebut dilakukan oleh masyarakat bertani dan berladang, maka dalam perubahan mata pencaharian masyarakat dan alokasi waktu kerja mempengaruhi sosial ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas kerja penambang emas dan mengetahui bagaimana sosial ekonomi penambang emas di Nagari Pakan Rabaa Timur, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi, pemilihan informan secara purposive sampling dikategorikan informan kunci dan informan biasa. Dengan pengumpulan data studi literatur, observasi partisipasi dengan wawancara bebas dan mendalam yang diperkuat dengan dokumentasi lapangan. Setelah itu mengklasifikasikan data sesuai kategorinya dengan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya aktivitas pertambangan rakyat, terjadinya hubungan kausalitas antara alam dengan manusia yang berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi penambang emas tradisional dan penambang yang menggunakan mesin yang mempunyai klasifikasinya seperti pemilik tambang, pekerja tambang, dan pemilik lokasi tambang. Dengan aktivitas pertambangan rakyat berimplikasi terhadap hubungan sosial, struktur sosial, dan nilai-nilai dalam aktivitas pertambangan pada masyarakat Nagari Pakan Rabaa Timur. Kata Kunci: Aktivitas Kerja, Penambang, Sosial Ekonomi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erwin, M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 22 Jul 2019 11:27
Last Modified: 22 Jul 2019 11:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47051

Actions (login required)

View Item View Item