HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN STATUS EARLY CHILDHOOD CARIES (ECC) PADA ANAK USIA 2-5 TAHUN DI KOTA PADANG

KHAIRANI, PUTRI NABILLAH (2019) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN STATUS EARLY CHILDHOOD CARIES (ECC) PADA ANAK USIA 2-5 TAHUN DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
BISMILLAH COVER & ABSTRAK PUTRI PDF.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BISMILLAH BAB 1 PUTRI PDF.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BISMILLAH BAB 7 PUTRI PDF.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SEMUANYA PDF.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
BISMILLAH FULL SKRIPSI PUTRI PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang : Karies merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak-anak yang disebut juga dengan Early Childhood Caries (ECC). Kerusakan pada gigi sulung lebih cepat menyebar, meluas dan lebih parah dibandingkan gigi tetap. Status sosial ekonomi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya karies, karena dalam memenuhi kebutuhan hidup dan untuk mendapatkan tempat pelayanan kesehatan gigi yang diinginkan, lebih memungkinkan bagi kelompok sosial ekonomi tinggi dibandingkan dengan kelompok sosial ekonomi rendah. Hal ini dikaitkan dengan besarnya minat hidup sehat pada kelompok sosial ekonomi tinggi sehingga akan mempengaruhi perilaku hidup sehat. Tujuan : Mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan status Early Childhood Caries pada anak usia 2 sampai 5 tahun di Kota Padang. Metode : Desain penelitian Cross Sectional dengan sampel sebanyak 107 anak usia 2-5 tahun di Kota Padang. Pemilihan lokasi menggunakan teknik Multistage Random Sampling dan pemilihan sampel menggunakan teknik Consecutive Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pemeriksaan rongga mulut responden. Analisa data menggunakan Chi-Square dengan p<0,05. Hasil : Terdapatnya hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan orang tua (p=0,003), tingkat pekerjaan orang tua (p=0,014), tingkat pendapatan orang tua (p=0,000) dan besar jumlah tanggungan keluarga dengan status ECC (p=0,004). Kesimpulan : Status sosial ekonomi orang tua berhubungan dengan status Early Childhood Caries pada anak usia 2-5 tahun di Kota Padang. Kata kunci : Early Childhood Caries, status sosial ekonomi, pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Susi, MKM
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 22 Jul 2019 15:47
Last Modified: 22 Jul 2019 15:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47044

Actions (login required)

View Item View Item