METAFORA YANG MENGGUNAKAN NAMA-NAMA BINATANG DALAM BAHASA MINANGKABAU DI NAGARI TANJUNG KECAMATAN KOTO VII KABUPATEN SIJUNJUNG

PINA, HERLIA NINGSI (2019) METAFORA YANG MENGGUNAKAN NAMA-NAMA BINATANG DALAM BAHASA MINANGKABAU DI NAGARI TANJUNG KECAMATAN KOTO VII KABUPATEN SIJUNJUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan asbtrak.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
Tesis full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengelompokkan dan mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan makna metafora yang menggunakan nama-nama binatang dalam bahasa Minangkabau di Nagari Tanjung, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam kajian ini berupa kata, farasa, dan kalausa yang bersumber dari tuturan pada masyarakat nagari Tanjung, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak dan metode cakap yang disertai dengan teknik catat dan teknik rekam. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dan metode agih. Metode padan yang digunakan adalah metode padan referensial dan metode padan pragmatis dengan menggunakan teknik pilah unsur penentu. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa (1) bentuk metafora yang menggunakan nama-nama binatang pergeserannya terbatas, penggunaan dalam bentuk negasi dan bentuk kalimat tanya termasuk dalam bentuk tidak berterima dari segi bahasa metafora, (2) dari segi fungsi, metafora yang menggunakan nama-nama binatang dalam pertuturan digunakan untuk mengekspresikan rasa marah dan rasa kesal penutur kepada mitra tuturnya, dan (3) makna yang terkandung dalam metafora yang menggunakan nama-nama binatang adalah makna yang berkonotasi negatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Oktavianus, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: metafora, binatang, bentuk, fungsi, dan makna.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 22 Jul 2019 15:38
Last Modified: 22 Jul 2019 15:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47042

Actions (login required)

View Item View Item