KEBIJAKAN REDAKSI CLASSY CORPORATION DALAM PRAKTIK KONGLOMERASI MEDIA (Studi Kasus Media Online Klikpositif.com dan Katasumbar.com)

Farah, Saniyya (2024) KEBIJAKAN REDAKSI CLASSY CORPORATION DALAM PRAKTIK KONGLOMERASI MEDIA (Studi Kasus Media Online Klikpositif.com dan Katasumbar.com). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Judul dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FULL UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Praktik konglomerasi media tidak lepas dari keinginan pemilik media untuk mengusai pasar, baik pasar pembaca maupun pasar pengiklan. Konglomerasi media semakin marak dipraktikan hingga ke media lokal seperti Classy Corporation, anak perusahaan PT Semen Padang, yang memiliki radio dan media online Klikpositif.com dan Katasumbar.com. Kedua media tersebut pada kenyataannya berada dalam naungan satu perusahaan dan melakukan kegiatan bermedia secara bersama-sama sehingga memungkinkan penyalahgunaan untuk kepentingan pribadi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kebijakan dan manajemen yang diterapkan oleh media online Klikpositif.com dan Katasumbar.com serta melihat praktik konglomerasi media yang dilakukan oleh kedua media tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekonomi politik media yang dikemukakan oleh Vincent Mosco dengan menganalisis praktik komodifikasi, spasialisasi dan strukturasi dalam kebijakan dan manajemen media online tersebut. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, paradigma yang digunakan konstruktivisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dan manajemen yang diterapkan oleh Klikpositif.com dan Katasumbar.com memiliki perbedaan. Kebijakan kedua media online tersebut berorientasi pada kebijakan redaksi untuk mencari pengiklan. Media Online Klikpositif.com dan Katasumbar.com memanfaatkan sumber daya Classy Corporation sehingga pengembangan media lebih mudah dilakukan. Komodifikasi pekerja pada pemimpin media online Klikpositif.com dan Katasumbar.com mengakibatkan persamaan sistem kerja dan diferensiasi kebijakan serta manajemen media sulit terlihat. Manajemen yang diterapkan oleh Katasumbar.com tidak memenuhi semua fungsi manajemen sehingga jika tidak dievaluasi kembali, mungkin saja hal tersebut menjadi masalah dikemudian hari. Classy Corporation secara nyata memanfaatkan perusahaan media untuk kepentingan perusahaan induk dan memajukan anak perusahaan lain yang ada di bawah Classy Corporation. Kata Kunci : Kebijakan, Manajemen Media, Media Online, Klikpositif.com, Katasumbar.com

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 08 Jun 2024 03:02
Last Modified: 08 Jun 2024 03:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/470186

Actions (login required)

View Item View Item