PELAKSANAAN SOSIALISASI OLEH KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA BUKITTINGGI (STUDI SOSIALISASI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BUKITTINGGI)

Fauziah, Harnom (2019) PELAKSANAAN SOSIALISASI OLEH KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA BUKITTINGGI (STUDI SOSIALISASI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BUKITTINGGI). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover FAUZIAH HARNOM.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 FAUZIAH HARNOM.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir kesimpulan)
BAB akhir FAUZIAH HARNOM.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_FAUZIAH HARNOM.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
BAB UTUH TESIS FAUZIAH HARNOM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya sosialisasi politik oleh penyelenggara pemilu adalah untuk memberikan informasi tentang pemilu kepada pemilih. Dari beberapa kelompok pemilih, pemilih pemula merupakan kelompok yang penting untuk mendapatkan informasi yang benar tentang pemilu. Mengingat pemilih pemula rentan dengan informasi hoax yang mereka dapatakan dari internet. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pelaksanaan sosialisasi pada pemilih pemula yang dilakukan oleh KPU Kota Bukittinggi sebagai penyelenggara pemilu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengikuti model penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumen. Untuk menjelaskan pelaksanaan sosialisasi politik yang dilakukan oleh KPU Kota Bukittinggi, digunakan teori sosialisasi politik Michael Rush dan Philip Althoff. Penelitian ini menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kota Bukittinggi menerapkan beberapa tahapan pelaksanaan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan dampak dari pelaksanaan kegiatan. Menurut pemilih pemula dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini memberikan dampak dan pemahaman yang lebih baik bagi mereka. KPU Kota Bukittinggi dalam memberikan sosialisasi telah membantu pemilih pemula dengan informasi yang mereka butuhkan yaitu tentang pemilu dan praktek pelaksanaan pemilu. Lebih jauh penelitian ini juga memberikan masukan dari pemilih pemula, agar KPU Kota Bukittinggi lebih meningkatkan informasi yang diberikan, tidak sekedar informasi tentang pemilihan presiden, namun juga memberikan informasi tentang pentingnya calon legislatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Syahrizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi politik, pemilih pemula, dan Komisi Pemilihan Umum
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 22 Jul 2019 10:39
Last Modified: 22 Jul 2019 10:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47002

Actions (login required)

View Item View Item