Fajri, Muhammad Aidil (2024) Pengaruh Variasi Panjang Segmen dan Jumlah Unit Sampel Terhadap Penetapan Nilai Indeks Kondisi Perkerasan Jalan. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (242kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (275kB) |
|
Text (Bab Akhir)
3. Bab Akhir.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (241kB) |
|
Text (Tugas Akhir Utuh)
5. Tugas Akhir Utuh fix.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkerasan jalan akan mengalami penurunan kualitas seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu perlu dilakukan monitoring untuk mengetahui seberapa besar keruskan jalan yang nantinya menjadi pedoman untuk penanganan kerusakan jalan tersebut. Salah satu metode untuk evaluasi kondisi jalan adalah metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) yang merupakan metode untuk menetapkan penilaian prioritas dan pemeliharaan jalan berdasarkan penilaian kondisi jalan yang terskala. Pada metode ini, ruas jalan dibagi menjadi beberapa unit perkerasan. Jumlah unit dan panjang segmen yang digunakan dapat berbeda beda tergantung keinginan petugas survei. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variasi jumlah unit sampel dan panjang segmen terhadap nilai IKP, serta mengetahui variasi terbaik yang disarankan. Variasi panjang segmen sampel dibagi menjadi Variasi A (50m), Variasi B (75m), dan Variasi C (100m). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan nilai IKP Variasi A > Variasi B > Variasi C, dengan keakuratan Variasi A > Variasi B > Variasi C. Variasi yang disarankan berdasarkan keakuratan adalah variasi A, dan berdasarkan efisiensi adalah Variasi B. Sementara itu, variasi jumlah unit sampel dibagi menjadi Variasi N Total, Variasi n Sampel Asumsi, dan Variasi n Sampel aktual. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan semakin banyak jumlah sampel maka nilai IKP yang dihasilkan akan semakin akurat. Variasi yang disarankan adalah variasi n Sampel aktual yang memberikan 95% tingkat kepercayaan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Ir. Purnawan, M.T., Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | IKP; survei; variasi jumlah unit; variasi panjang segmen; variasi terbaik |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:45 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:20 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/469330 |
Actions (login required)
View Item |