Pengaruh Konsentrasi Cabai Merah (Capsicum Annuum L.) Terhadap Kadar Air, Protein, Aktivitas Antioksidan Dan Total Koloni Bakteri Aerob Rendang Suwir Itik Probiotik

Zulgia, Indri (2019) Pengaruh Konsentrasi Cabai Merah (Capsicum Annuum L.) Terhadap Kadar Air, Protein, Aktivitas Antioksidan Dan Total Koloni Bakteri Aerob Rendang Suwir Itik Probiotik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi cabai merah terhadap kadar air, protein, aktivitas antioksidan dan total koloni bakteri aerob rendang suwir itik probiotik. Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan yaitu A (konsentrasi cabai merah 20%), B (konsentrasi cabai merah 25%), C (konsentrasi cabai merah 30%) dan D (konsentrasi cabai merah 35%). Parameter yang diamati adalah kadar air, protein, aktivitas antioksidan dan total koloni bakteri aerob rendang suwir itik probiotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi cabai merah memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap kadar air, protein, dan total koloni bakteri aerob dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap aktivitas antioksidan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsentrasi cabai merah terbaik untuk rendang suwir itik probiotik adalah konsentrasi cabai merah 30% dengan kadar air 16.73%, kadar protein 25.62%, aktivitas antioksidan 72.77% dan total koloni bakteri aerob 4 x 〖10〗^4 CFU/gram. Kata Kunci : probiotik, aktivitas antioksidan, cabai merah, total koloni bakteri aerob.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. drh. Hj. Endang Purwati RN, MS., Ph.D
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 19 Jul 2019 14:40
Last Modified: 19 Jul 2019 14:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46932

Actions (login required)

View Item View Item