ANALISIS PENGARUH CITY BRANDING SEBAGAI KOTA RENDANGTERHADAP BRAND PREFERENCE (Survey pada Wisatawan Domestik TerdidikKota Payakumbuh)

SYARIF, HIDAYATULLAH (2024) ANALISIS PENGARUH CITY BRANDING SEBAGAI KOTA RENDANGTERHADAP BRAND PREFERENCE (Survey pada Wisatawan Domestik TerdidikKota Payakumbuh). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Bab I (pendahuluan))
Bab I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (Bab akhir (penutup dan kesimpulan))
Bab Akhir (penutup dan kesimpulan).pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ANALISIS PENGARUH CITY BRANDING SEBAGAI KOTA RENDANG TERHADAP BRAND PREFERENCE (Survey pada Wisatawan Domestik Terdidik yang Berkunjung ke Kota Payakumbuh) Tesis Oleh Syarif Hidayatullah Pembimbing 1 : Dr. Ma’ruf, S.E. M. Bus. Pembimbing 2 : Dr. Verinita, S.E., M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis brand preference dari wisatawan domestik Kota Payakumbuh terhadap city brandKota Payakumbuh sebagai kota rendang. Kajian difokuskan untuk mengetahui hubungan dari beberapa aspek, seperti: attitude toward brand, brand image, brand equity, dan brand preference. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei. Pengumpulan data pada 115 wisatawan terdidik yang pernah mengunjungi kota Payakumbuh dalam 5 tahun terakhir dilakukan dengan metode purposive sampling. Data kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) dan hasil analisis nantinya akan digunakan untuk menghitung city brand index sebagai index evaluasi kefektifan penerapan city brand kota rendang di Kota Payakumbuh. Hasil penelitianmembuktikan bahwa attitude toward brand memberikan pengaruh signifikan terhadap city brand equity, attitude toward brand juga terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap brand image, brand image juga terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap city brand equity, dan city brand equity juga terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap brand preference para wisatawan yang mengunjungi Kota Payakumbuh dalam kurun waktu 5 tahun terakhir dengan nilai city brand index sebesar 47,70. Implikasi penelitian bagi pihak Pemerintah Kota Payakumbuh sebagai pengembang dan pembuat kebijakan terkait city brand Kota Payakumbuh adalah agar pemerintah kota Payakumbuh lebih memperhatikan berbagai hal terkait pengembangan city brand baru kota Payakumbuh, khususnya dibidang pariwisata. Pengembangan dan perubahan tersebut dapat difokuskan sosialisasi city brand dan beberapa aspek seperti pada attitude toward brand dan city brand equity sebagai kota rendang karena kedua aspek tersebut memberikan dampak paling besar terhadap brand preference wisatawan yang mengunjungi Kota Payakumbuh dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.Hal ini diharapkan akan mampu membuat city brand baru kota Payakumbuh lebih dikenal oleh para wisatawan dan menjadi wajah baru yang diingat oleh para wisatawan ketika mengunjungi kota Payakumbuh. Kata kunci:Attitude Toward Brand, Brand Image, Brand Equity, Brand Preference 4 ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF CITY BRANDING AS THE CITY OF RENDANG ON BRAND PREFERENCE (Survey of Domestic Academician Tourists Visiting Payakumbuh City) Tesis by Syarif Hidayatullah Advisor 1: Dr. Ma'ruf, S.E. M. Bus. Advisor 2: Dr. Verinita, S.E., M.Sc. ABSTRACT This research aims to analyze the brand preference of domestic tourists in the city of Payakumbuh towards the city brand of Payakumbuh City as the city of Rendang. The study focused on finding out the relationship between several aspects, such as: attitude toward brand, brand image, brand equity, and brand preference. This research uses a quantitative approach using a survey. Data collection on 115 academician tourists who had visited the city of Payakumbuh in the last 5 years was carried out using a purposive sampling method. The data was then analyzed using Structural Equation Modeling - Patial Least Square (SEM-PLS) and the results of the analysis will later be used to calculate the city brand index as an index for evaluating the effectiveness of implementing the Rendang city city brand in Payakumbuh City. The research results prove that attitude toward brand has a significant influence on city brand equity, attitude toward brand is also proven to have a significant influence on brand image, brand image is also proven to have a significant influence on city brand equity, and city brand equity is also proven to have a significant influence on brand preference of tourists who visited Payakumbuh City in the last 5 years with a city brand index value of 47.79 The implications of the research for the Payakumbuh City Government as developers and policy makers regarding the city brand of Payakumbuh City are that the Payakumbuh city government pays more attention to various things related to the development of a new city brand for the city of Payakumbuh, especially in the tourism sector. These developments and changes can be focused on the attitude toward brand and city brand equity for Rendang City because these two aspects have had the greatest impact on the brand preference of tourists visiting Payakumbuh City in the last 5 years. It is hoped that this will be able to make the new city brand of the city of Payakumbuh better known to tourists and become a new face that tourists remember when visiting the city of Payakumbuh. Keywords: Attitude Toward Brand, Brand Image, Brand Equity, Brand Preference

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: 1. Dr. Ma`ruf, SE, M.Bus 2. Dr. Verinitta, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Attitude Toward Brand, Brand Image, Brand Equity, Brand Preference
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 30 May 2024 08:24
Last Modified: 30 May 2024 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467994

Actions (login required)

View Item View Item