PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MELAKUKAN KONSERVASI LINGKUNGAN DI KAWASAN EKOWISATA (Studi Kasus: Kawasan Ekowisata Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan)

Lessan, Noerva Ramadhan (2024) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MELAKUKAN KONSERVASI LINGKUNGAN DI KAWASAN EKOWISATA (Studi Kasus: Kawasan Ekowisata Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (656kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (646kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Lessan Fix .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lessan Noerva Ramadhan, 1910822030, Skripsi S1. Departemen Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2024. Judul: Partisipasi Masyarakat Dalam Melakukan Konservasi Lingkungan di Kawasan Ekowisata (Studi Kasus: Kawasan Ekowisata Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan). Dr. Syahrizal, M. Si Pembimbing I dan Sri Meiyenti, S. Sos, M. Si Pembimbing II. Nagari Limau Gadang Lumpo merupakan salah satu desa wisata berbasis ecotourism atau ekowisata yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan. Ekowisata sendiri merupakan bentuk dari wisata berkelanjutan yang mengutamakan aspek ekonomi, partisipasi masyarakat dan konservasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pengetahuan masyarakat terhadap ekowisata dan konservasi terhadap lingkungan serta mengidentifikasi bentuk partisipasi masyarakat Nagari Limau Gadang Lumpo dalam pembangunan Ekowisata di Nagari tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan desktriptif. Pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data yang didapatkan kemudian dikelompokkan, dilakukan penafsiran dan penarikan kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa masyarakat memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap ekowisata dan konservasi lingkungan, hal ini terlihat dengan bagaimana masyarakat dapat menjelaskan dengan baik terkait ekowisata dan konservasi kemudian di wujudkan dalam bentuk partisipasi masyarakat: a) menjadi anggota komunitas dan kelompok masyarakat yang berkaitan dengan konservasi, b) ikut dalam kegiatan berdiskusi, c) terlibat dalam kegiatan konservasi seperti melakukan pembersihan aliran sungai, penebaran benih ikan dan penanaman pohon d) memanfaatkan hasil dari kegiatan tersebut. Adapun bentuk dari partisipasi masyarakat Nagari Limau Gadang Lumpo dapat dilihat dari indikator tahapan partisipasi masyarakat yang terdiri dari yaitu Rapat dan Musyawarah, Pelaksanaan kegiatan, Penerimaan hasil dan tahap Pemantuan atau monitoring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syahrizal, M. Si Sri Meiyenti, S.Sos, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ekowisata, Konservasi, Pengetahuan Masyarakat, Partisipasi Masyarakat.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 30 May 2024 04:37
Last Modified: 30 May 2024 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467927

Actions (login required)

View Item View Item