Ramadhanu, Gita (2024) Analisis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat dalam Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Sub Urusan Bencana. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (331kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (494kB) |
|
Text (BAB VI PENUTUP DAN SARAN)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version Download (226kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (418kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
GITA RAMADHANU SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tau bagaimana BPBD Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan pelayanan sedauai dengan SPM (Standar pelayanan Minimal), dengan tujuan memberikan perlindungan terhadap kehidupan masyarakat termasuk perlindungan terhadap bencana. maka dari itu dibentuklah BNPB (Badan Nasional Penangulangan Bencana) pada tingkat pusat, dan BPBD pada tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Salah satu daerah yang menjadi arah dalam penanggulangan bencana adalah Kabupaten Pasaman Barat dimana Pasaman Barat dijuluki sebagai “Market Bencana” dikarenakan banyaknya bencana yang terjadi maka dari itu untuk mengelola kegiatan bencana maka dibentuklah SPM (Standar pelayanan Minimal) yang didalamnya terdapat layanan kebutuhan dasar bagi warga negara di bidang penanggulangan bencana. Penelitian ini menggunakan pendekatana kulitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, Teknik pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori Agus Dwiyanto yang terdiri dari lima indikator yaitu Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa Analisi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat Dalam Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Sub Urusan Bencana belum berjalan dengan baik, dalam pelaksanaannya masih diperlukan pengembangan dan perbaikan untuk menciptakan, kesesuaian dari keinginan masyarakat dan tujuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD harus memahami keluhan dan kebutuhan masyarakat, perlunya peningkatan pelayanan agar tercapainya pelayanan yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal Pelayanan SPM sub urusan bencana.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hendri Koeswara, S.IP, M.Soc.Sc Nila Wahyuni S.AP, M.AP |
Uncontrolled Keywords: | Analisis; Pelayanan; Standar Pelayanan Minimal (SPM) Sub Urusan Bencana |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | S1 Administrasi Public |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467908 |
Actions (login required)
View Item |